Breaking News

Aceh Besar Terus Kembangkan Sistem Pendidikan Terpadu

Aceh Besar Terus Kembangkan Sistem Pendidikan Terpadu
Kegiatan Pengembangan Kurikulum SPT SD dan SMP, di aula Dekranasda Aceh Besar, Gani, Ingin Jaya, Kamis (10/6/21).(Foto:Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Besar)

ACEHSTANDAR.COM - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus melakukan pembenahan dalam memajukan sistem pendidikan. Salah satu program unggulannya adalah Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) yang telah dimulai sejak tahun 2018 lalu.
 
"Program SPT yang kita rancang sedemikian rupa, tidak semata ditujukan untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, juga kemampuan teknologi, namun juga bertujuan agar para murid bisa menerapkan budi pekerti yang baik, berakhlak santun," ujar bupati Aceh Besar Mawardi Ali saat memberikan sambutan pada kegiatan Pengembangan Kurikulum SPT SD dan SMP, di aula Dekranasda Aceh Besar, Gani, Ingin Jaya, Kamis (10/6/21).

Lanjut Mawardi Ali, SPT tersebut adalah perpaduan antara beberapa kurikulum pendidikan. Disitu, para murid tidak hanya mendapat binaan secara keilmuan umum, namun juga mental, serta pendidikan agama. 

"Untuk itu harus dipadukan dengan pendidikan agama yang ada dalam SPT, pembelajaran yang berintegritas," tegas dia.

Bupati Aceh Besar menambahkan bahwa pihaknya terus concern untuk memastikan agar SPT tersebut benar-benar bisa menjadi program yang jelas terasa damapaknya bagi generasi Aceh Besar.

"Membangun sistem pendidikan seperti ini, tidak secepat membangun fasilitas fisik, namun butuh waktu 5 - 10 tahun baru dapat melihat dampaknya, untuk itu dibutuhkan grand design yang sedemikian rupa, tidak boleh zig-zag, harus lurus dan ada roadmap yang bagus kemana arah kita tuju," terangnya.

"Bahkan kami saat ini bersama DPRK Aceh Besar juga sedang menyusun draft qanun SPT yang sedang dikaji secara akademis, agar memiliki dasar hukum, yang nantinya bisa dilanjutkan oleh pemerintah kabupaten Aceh Besar di kemudian hari," harap Mawardi Ali.

Sementara itu Kepala Disdikbud Aceh Besar, Silahuddin mengatakan bahwa SPT ini telah berjalan di beberapa sekolah di Aceh Besar. "Sekarang sudah ada 33 sekolah yang menerapkan program SPT, 23 jenjang SD dan 10 jenjang SMP, insyaAllah akan bertambah secara bertahap dan akan diaplikasikan ke semua sekolah di Aceh Besar, "tangkas dia.

"Maka itu, kita terus berusaha untuk terus melakukan pengembangan sejak awal program ini diluncurkan, apalagi sekarang qanun juga sedang digodok, sehingga setelah selesai nantinya dapat dimasukkan ke dalam qanun sebagai lampiran yang tidak terpisahkan, "ujar Silahuddin.

Kegiatan Pengembangan Sistem Pendidikan Terpadu tersebut akan berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 7 hingga 10 Juni 2021. Peserta yang juga disebut Pengembang Kurikulum, terdiri dari unsur pengawas sekolah, guru tahfidz/diniyah, instruktur nasional/kabupaten.