Breaking News

Ada Apa..Sejumlah Pegawai KPK Dipanggil Komnas HAM?

Ada Apa..Sejumlah Pegawai KPK Dipanggil Komnas HAM?
Logo Komnas HAM

ACEHSTANDAR.COM  - Kabar berkaitan dengan dinonaktifkannya sejumlah pegawai KPK (komisi pemberantasan korupsi) masuk pada tahap yang baru di mana Komnas HAM memanggil sejumlah pegawai KPK. 

Hari ini, Senin (31/5/2021), Komnas HAM memanggil enam pegawai KPK untuk dimintai keterangan.

Dikabarkan bahwa Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menjelaskan pemanggilan ini bertujuan untuk mendalami laporan dugaan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan TWK sebagai proses peralihan status menjadi ASN. 

Salah satu yang akan didalami yaitu hubungan antara TWK dengan pola kerja di KPK.

"Pendalaman keterangan ini bertujuan menggali karakteristik dan dinamika pola kerja serta hubungannya dengan tes wawasan kebangsaan," kata Anam di Jakarta, Senin (31/5/2021).

Anam menjelaskan rencananya penggalian keterangan akan dilakukan di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.00 WIB. 

Para pegawai lembaga antirasuah yang bakal dipanggil antara lain pengurus Wadah Pegawai (WP) KPK.

"Komnas HAM berharap dapat memeriksa enam orang, termasuk pengurus Wadah Pegawai KPK. Pemeriksaan akan dimulai pukul 10.00 WIB sampai selesai di Kantor Komnas HAM," ucapnya.

Pemeriksaan kali ini merupakan tindak lanjut dari laporan pengaduan yang disampaikan 75 pegawai KPK pada Senin (24/5/2021).

Selanjutnya, Komnas HAM membentuk tim pemantuan dan penyelidikan soal penonaktifan 75 pegawai KPK karena tidak lolos TWK.

Adapun pembentukan tim ini menyusul adanya perwakilan KPK yang melakukan pelaporan kepada lembaga Komnas HAM.

"Oleh karenanya kami menerima pengaduan ini pada Senin (24/5/2021) lalu. Jadi kami akan membentuk sebuah tim, yaitu tim di bawah pemantauan dan penyelidikan," ujar Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam.



Sumber:iNews