Breaking News

Akhirnya! 3 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Tenaga Kesehatan Tiba di RI

Akhirnya! 3 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Tenaga Kesehatan Tiba di RI
vaksin Moderna (SHUTTERSTOCK)

ACEHSTANDAR.COM - Sebanyak 3.060.000 dosis vaksin Moderna baru saja tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (11/7/2021). Kedatangan vaksin COVID-19 ini menjadi kedatangan ke-20 vaksin COVID-19 di RI.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 tingkat pusat dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr Reisa Broto Asmoro menyebut, vaksin Moderna berbentuk bahan jadi adalah ini kiriman dari Amerika Serikat melalui jalur fasilitas COVAX.

"Masyarakat Indonesia kembali mengucap syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas kedatangan 3 juta lebih dosis vaksin jadi produksi Moderna dari Amerik Serikat yang dikirim fasilitas COVAX," terangnya dalam konferensi pers virtual, Minggu (11/7/2021).


"Kedatangan vaksin tahap ke-20 ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah terus berupaya keras mendatangkan vaksin COVID-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia," lanjutnya.

dr Reisa juga menyebut, kedatangan vaksin Moderna ini bekal untuk peningkatan vaksinasi di Indonesia. Pasalnya, penambahan jumlah vaksin hari ini membuat Indonesia menyetok lebih dari 100 juta dosis vaksin COVID-19.

"Tibanya 3 juta lebih memastiakan stok vaksin jadi produksi Moderna ini memastikan bahwa stok vaksin di Indonesia semakin bertambah dan program vaksinasi COVID-19 akan semakin digencarkan karena vaksin jadi produksi Moderna membutat total vaksin yang dimiliki Indonesia bertambah menjadi lebih dari 100 juta dosis vaksin baik bahan jadi ataupun bahan baru," pungkasnya.

Turut hadir dalam konferensi pers, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, vaksin Moderna terbukti memiliki tingkat efikasi yang tinggi. Vaksin ini akan digunakan sebagai booster suntikan ke-3 untuk para tenaga kesehatan.

"Rencanaya vaksin ini selain kami gunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, khusus akan kami gunakan untuk booster suntkan ke-3 bagi para tenaga kesehatan Indonesia karena mereka mengalami tekanan yang luar biasa terutama di geombang ke-2 dari penularan pandemi ini sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal," ujarnya dalam konferensi pers kedatangan vaksin Moderna.

Sumber:detik.com
AS
Ampon Bram