Breaking News

Aminullah Ternyata "Suka" Bunga, Ini Buktinya!

Aminullah Ternyata "Suka" Bunga, Ini Buktinya!
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman tanam bunga Kesuma Malahayati di Hutan Kota

ACEHSTANDAR.COM– Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menambah koleksi flora di Hutan Kota Tibang yang terletak di Kecamatan Syiah Kuala. Selasa 13 Juli 2021, didampingi Kepala DLHK3 Hamdani Basyah, ia menanam Bunga Kesuma Malahayati di hutan ‘paru-paru’ kota tersebut.

Di areal hutan seluas tujuh hektar persegi itu telah tumbuh beraneka jenis pohon dan bunga. “Jumlah pohon atau bunga yang ditanam sudah mencapai tiga ribu batang, baik yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Aceh maupun luar daerah,” ungkap Aminullah.

Dan ia pun berharap Bunga Kesuma Malahayati akan menambah keindahan dan keasrian Hutan Kota Tibang, sehingga semakin menarik minat wisatawan. “Kita targetkan hutan kota ini bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi masyarakat. Dan juga sebagai lokasi penelitian bagi pelajar dan mahasiswa,” ungkapnya lagi.

Pihaknya pun akan terus memoles sarana/prasarana dan menambah koleksi baru berupa pohon dan bunga di sana. “Di samping tumbuh-tumbuhan, hutan kota ini juga sudah menjadi ‘rumah’ bagi makhluk hidup lain, mulai dari aneka jenis burung, kupu-kupu, hingga ikan. Kita yakin ini akan menambah destinasi wisata favorit di Banda Aceh,” ujarnya.

Kesuma Malahayati sendiri merupakan bunga yang secara khusus dibawa Aminullah dari hutan lindung di kawasan Woyla, Aceh Barat. “Ini akan melengkapi keberadaan pohon bunga lain yang telah ada sebelumnya,” sebut Aminullah usai menanam dua bibit bunga dimaksud di sisi kiri-kanan jembatan akses masuk ke hutan kota.

Menurut Aminullah, Kesuma Malahayati memiliki dedaunan yang rindang dan berbunga sangat indah. “Mungkin selain di hutan habitat aslinya, baru di halaman rumah pribadi saya di Lampaseh Aceh yang ada tumbuh pohon ini. Kesuma Malahayati ini saya kira bisa menjadi salah satu bunga khas Aceh dan patut kita lestarikan karena keindahannya,” kata Aminullah. 

AS
Ampon Bram