Breaking News

Banjir Bandang Terjang Dua Desa di Sabang, Sejumlah Warga Mengungsi

Banjir Bandang Terjang Dua Desa di Sabang, Sejumlah Warga Mengungsi
Air bah turun dari gunung berapi Jaboi, sehingga dua desa diterjang banjir bandang

SABANG - Curah hujan dalam beberapa hari terkhir di pulau Sabang terus meninggi, akibatnya dua Desa (Gampong) di Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang diterjang banjir bandang akibatnya sejumlah warga Desa tersebut mengungsi ke rumah warga lainnya.

Kedua Gampong tersebut masing-masing Gampong Jaboi dan Keunekai keduanya masuk dalam Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Terjadinya banjir disebabkan intensitas hujan yang terus mengguyur pulau wisata itu.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang Muhammad Amin SE kepada media ini menjelaskan, banjir bandang yang terjadi sekura pukul 17.00 WIB itu merendam 11 rumah warga dengan ketinggian air 50 hingga 80 cm.

"Kemudian air yang turun dari gunung berapi itu juga merendam jalan lintas desa dan merusak fasilitas Gampong Desa, hingga saat ini petugas masih berada dilokasi berjaga-jaga mengingat kondisi cuaca yang masih mendung,"jelas Muhammad Amin, Kamis (08/04/2021)di Sabang.

Muhammad Amin menerangkan, lokasi banjir yang terparah terjadi di Jurong Lamkuta Gampong Jaboi dan Jurong Kulam Gampong Keunekai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang.

Korban banjir 11 kepala keluarga masing-masing Fatimah HZ (71), Razali Anzib (57), Safari (36), Fajriana (26), Afrizal (32), Munawar (30),Zainun Bahri (51) dan Musbar (58) semua korban ini merupakan warga Jurong Kulam Gampong Keunekai.

Kemudian, korban Jurong Lamkuta Gampong Jaboi antara lain, Rosmati (60), Tgk Muhammad Nur (40) dan Bahrum Asyiek (61). Seluruh korban kini telah mengungsi di rumah warga terdekat yang aman dari banjir., terang Muhammad Amin.

Pihak BPBD Kota Sabang tambah Muhammad Amin, telah menyerahkan bantuan masa panik kepada seluruh korban banjir. "Untuk sementara pengungsi dapat istirahat dengan aman dan tenteram di rumah warga terdekat,"sebutnya.

JALAL