Breaking News

Besok Banda Aceh Pilchiksung Aminullah: Berikan Suara Sesuai Pilihan Hati

Besok Banda Aceh Pilchiksung Aminullah: Berikan Suara Sesuai Pilihan Hati
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman [Foto:detik.com]

ACEHSTANDAR.COM -Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman mengajak masyarakat untuk menyukseskan pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) yang dilaksanakan secara serentak pada Minggu, 14 November 2021 besok. 

Aminullah menghimbau warga kota yang sudah terdaftar sebagai pemilih supaya memberikan suara sesuai keinginan atau pilihan hati.

"Saya mengajak warga semua mari kita sukseskan pemilihan keuchik besok, hari Minggu. Yang penting nanti kita tetap menjaga kedamaian di gampong. Juga jangan lupa terapkan prokes, dan berikan suara sesuai pilihan hati masing-masing," kata Aminullah, Sabtu (13/11/2021).

Sekedar informasi bagi warga kota bahwa besok Kota Banda Aceh menyelenggarakan pemilihan keuchik secara serentak. 

Pemilihan keuchik secara serentak ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di kota Banda Aceh.

"Nah, Pilchiksung ini sesuai dengan amanat Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 tahun 2021 Tentang Pemilihan Keuchik Serentak. Dan Alhamdulillah kita juga sudah mengantongi surat rekomendasi tindak lanjut pelaksanaan," ungkap Aminullah.

Dijelaskan bahwa, pada gelombang pertama Pilchiksung ini, ada 24 Gampong yang akan menyelenggarakan pemilihan Keuchik.

Sedangkan pada tahap selanjutnya akan disusul oleh 66 Gampong lagi yang juga akan melaksanakan Pilchiksung secara serentak," tutur mantan Dirut Bank Aceh ini.

Mengingat, bahwa pemilihan Keuchik secara serentak yang berlangsung di masa pandemi Covid-19, maka mekanisme pemilihan sedikit berbeda.

"Pilchiksung kali ini dilaksanakan dengan pemberlakuan protokol kesehatan Covid-19. Maksimal 500 pemilih per TPS guna menghindari kerumunan," ungkapnya.

Aminullah pun berharap agar semua calon keuchik dapat memebuhi atau mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku, baik pada masa kampanye, masa tenang maupun saat pemungutan suara dilakukan. 

"Ingat..!! Kita wajib mengedepankan etika serta moralitas selama pelaksanaan  Pilchiksung serentak sehingga terciptanya suasana damai dan situasi yang kondusif," ungkapnya.