Breaking News

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih
Ilustrasi. (iStockphoto)

ACEHSTANDAR.COM - Merawat baju berwarna putih tidak semudah dengan baju berwarna lainnya. Bahkan noda yang tertinggal pada baju putih pun lebih mudah terlihat.

Noda kuning pada baju putih memberikan kesan lusuh dan kotor pada si pemakai dan membuat kepercayaan diri menurun. Maka dari itu, perlu mengetahui cara menghilangkan noda kuning di baju putih.

Noda kuning biasanya berasal dari keringat basah yang menempel pada pakaian. Kandungan senyawa urea pada keringat mudah bereaksi dengan garam dan menciptakan noda membandel.

Cara Menghapus Noda Kuning di Baju Putih
1. Aspirin
Dikutip dari metro, aspirin dapat membantu menghilangkan bercak kuning yang tertinggal pada baju putih milik Anda. Caranya, anda tinggal menghancurkan 2 butir aspirin hingga halus.

Kemudian masukkan bubuk aspirin ke dalam 1/2 ember air hangat. Rendam pakaian bernoda tersebut selama 2-3 jam, lalu cuci dengan deterjen seperti biasa.

2. Soda kue
Bahan ini sangat mudah Anda jumpai di dapur, ya soda kue. Soda kue mampu menghilangkan noda kuning pada pakaian.

Ambil 4 sendok makan soda kue dan campurkan 1/4 mangkok air hangat. Balurkan campuran pada bagian noda dan gosok secara perlahan.

Setelah itu diamkan pakaian dengan baluran soda kue selama 30 menit dan cuci seperti biasa.

3. Perasan lemon
Buah lemon memang dipercaya sebagai pemutih alami. Asam dalam perasan air lemon dapat menyamarkan noda pada pakaian putih favorit Anda.

Cukup rendam noda kuning dengan perasan air lemon dan biarkan berada di bawah sinar matahari sepanjang hari.

4. Cuka putih
Anda bisa memilih cuka putih sebagai cara menghilangkan noda kuning pada baju putih. Cuka putih bisa menyamarkan noda kuning yang bahkan dapat menghilangkan noda yang lebih gelap dan pekat yang melekat pada pakaian Anda.

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk menyamarkan noda tergantung tingkat kepekatan.

Apabila noda tidak terlalu gelap, Anda bisa mencampurkan dengan air biasa dengan rasio 50:50 dan masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan campuran tersebut ke noda dan biarkan selama satu jam, lalu cuci seperti biasa.

Sedangkan untuk noda yang lebih pekat, tuangkan langsung ke bagian noda dan biarkan selama 30 menit kemudian cuci dengan deterjen.

5. Garam
Bahan dapur satu ini lebih mudah ditemukan pada dapur Anda. Kadar asin pada garam disebut dapat melunturkan noda membandel pada pakaian.

Campurkan 4 sendok garam dalam 1 liter air panas dan gosokan pada noda secara perlahan dan rendam selama beberapa menit. Hal tersebut akan membantu menghilangkan bakteri penyebab noda.

Itulah lima cara mudah menghilangkan noda kuning di baju putih. Selain itu, pastikan tidak mencampurkan pakaian putih dengan pakaian berwarna karena bisa terkena luntur dan menyebabkan noda yang susah hilang.

Sumber:CNN Indonesia