Breaking News

Cuaca Ekstrim Diprediksi Hantui Barat Selatan Aceh Hingga Tiga Hari Kedepan

Cuaca Ekstrim Diprediksi Hantui Barat Selatan Aceh Hingga Tiga Hari Kedepan
Warga melihat kondisi ombak tinggi di Desa Pasir, Kecamatan Johan Palawan, Kabupaten Aceh Barat

ACEHSTANDAR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cut Nyak Dhien Nagan Raya memprediksikan cuaca ekstrim akan melanda wilayah Barat hingga Selatan Aceh selama beberapa hari kedepan.

Prakirawan BMKG Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Rahmat Zikri mengatakan, daerah yang diprediksikan akan mengalami cuaca ekstrim seperti hujan dengan intensitas lebat hingga sedang adalah, Kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Barat dan Aceh Jaya.

“Penyebabnya itu disebabkan adanya pola tekanan rendah di barat Aceh atau barat dari Sumatera yang menyebabkan terjadinya konvergensi atau pertemuan dua masa udara sehingga terjadi penumpukan masa udara dan membetuk awan dengan potensi terjadinya hujan disertai angin dan petir,” kata Rahmat Zikri, Minggu 11 Juli 2021.

Cuaca ekstrim seperti ini kata dia bisa memicu terjadinya berbagai bencana di berbagai wilayah di Barat hingga Selatan seperti bencana banjir, hjan lebat disertai angin dan petir dan juga bencana tanah longsor.

“Sedangkan untuk potensi gelombang sendiri untuk dua atau tiga hari kedepan masih diperkirakan tinggi mulai dari dua setengah meter hingga empat meter,” katanya.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terutama bagi masyarakat dan nelayan yang beraktifitas di pesisir pantai karena kondisi ombak saat ini sedang tinggi.

LAPORAN: VINDA EKA SAPUTRA

AS
Ampon Bram