Breaking News

Dinas PK Selenggarakan Diklat. Bupati: Pendidikan Punya Peranan Strategis Dalam Membangun Bangsa

Dinas PK Selenggarakan Diklat. Bupati: Pendidikan Punya Peranan Strategis Dalam Membangun Bangsa
Ilustrasi: Peserta pelatihan

ACEHSTANDAR.COM - Dalam menghadapi tantangan Global yang makin komplek pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten menilai penting di tingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dari perspektif itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Pelatihan Manajemen bagi Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak (TK) se-Kabupaten Bireuen.

Pelatihan diselenggarakan di Bireuen Jaya Hotel selama empat hari,  dimulai sejak hari ini, Jumat, 21 Mei 2021.

Pada saat prosesi pembukaan acara, Kepala Dinas PK Kabupaten Bireuen Drs M. Nasir, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati yang diwakili oleh Plt Assisten I Sekdakab Bireuen, dan Panitia pelaksana Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah jenjang SD dan TK dan para nara sumber serta para tamu yang telah hadir.

Di depan para peserta dan narasumber M. Nasir membacakan laporan tertulis Bupati Bireuen. Ia mengatakan dalam meningkatkan SDM di kabupaten Bireuen sangat penting, karena daerah ini masih banyak kekurangan-kekurangan yang dihadapi dalam mengelola pendidikan di Kabupaten ini.

"Kekurangan kita maksud antara lain seperti kurangnya guru kelas, seperti SD yang mencapai 649 orang. Selain guru, kita juga mengalami Kekurangan Kepala Sekolah, baik dari segi jumlah maupun segi Kompetensi," ungkapnya.

Bahkan lanjut M. Nasir, selain itu ada juga kekurangan  dialami terutama dari segi sarana dan prasarana serta dari sisi pendanaan pun masih minim.

"Nah, dengan adanya pelatihan ini diharapkan kita dapat menjawab dan menyelesaikan satu persatu persoalan yang sedang dihadapi Dunia Pendidikan di  Kabupaten Bireuen," katanya.

Assisten I, Zaldi, AP, S.Sos, MSM, yang membacakan sambutan Bupati Bireuen, memapar- kan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bireuen mengapresiasi  Panitia Pelatihan yang telah ikut andil dalam meningkatkan SDM dalam menghadapi tantangan global sekarang ini.  

"Penghargaan kami  kepada panitia dan seluruh insan pendidikan, organisasi yang bergerak di dunia pendidikan dan pemangku kepentingan atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang diberikan dalam menumbuh-kembangkan dunia pendidikan, dalam mempersiapkan generasi masa depan yang lebih baik," ujarnya.

"Proses pembangunan pendidikan, hendak kita membangun manusia Indonesia seutuhnya sebagai subjek yang bermutu, Yaitu dengan mengembangkan seluruh potensi manusia melalui keseimbangan olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga," tuturnya.

Langkah kita kedepan ujar Bupati, menjadi bagian penting yang sangat menentukan perkembangan pendidikan, apalagi UUD 1945 secara tegas menyebutkan bahwa setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan. 

Nah, sejalan dengan itu, pemerintah terus bertekad memberikan perhatian yang besar pada pembangunan pendidikan, mengingat pendidikan mempunyai peranan strategis dalam pembangunan bangsa serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial, Ibarat tubuh.

Dapat tingkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah

Ia pun mentamsikan, agar tahan terhadap berbagai macam penyakit, haruslah daya imunitasnya ditingkatkan, satu di antaranya upaya melalui vaksinasi.

Dia mengingatkan, dalam perspektif sosial kemasyarakatan ada tiga penyakit sosial yang sangat besar dampak negatifnya yaitu kemiskinan;  ketidaktahuan; dan
keterbelakangan beradaban.

Bupati menyampaikan pula bagaimana caranya menaikkan daya tahan (imunitas) sosial agar terhindar dari ketiga macam penyakit tersebut? Jawabannya adalah pendidikan.

"Mari kita tingkatkan upaya dan keikhlasan kita dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat.

"Jadi dengan adanya Pelatihan Manajemen ini kita harapkan dapat meningkatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya, meliputi merencanakan, melaksanakan proses pelayanan, bimbingan dan kepemimpinan di satuan Pendidikan. Nah, Semoga apa yang kita lakukan dalam dunia pendidikan selama ini, menjadi bagian dari amal ibadah kita," demikian tegas Bupati.