Breaking News

Dinas PPKB Agara Komit Turunkan Angka Stunting

Dinas PPKB Agara Komit Turunkan Angka Stunting
Pj Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Agara Budi Afrizal SKM

ACEHSTANDAR.COM -  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Aceh Tenggara berkomitmen untuk menurunkan laju penurunan angka Stunting.

Karena berdasarkan standar badan kesehatan dunia WHO bahwa angka Stunting harus ditekan disetiap negara sampai dengan tahun 2024 mendatang hanya sekitar 14 persen. 

Pj Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Agara Budi Afrizal SKM menyampaikan pihaknya segera menyusun rencana kerja untuk mengendalikan laju penurunan angka Stunting.

Budi menjelaskan berdasarkan Perpres no 72 tahun 2021 BKKBN merupakan ujung tombak untuk secepatnya bisa mengurangi angka Stunting secara nasional. 

"Karena Stunting merupakan program nasional yang harus kita dukung. Sehingga batas yang diprogramkan pada tahun 2024 mendatang negara kita mulai dari tingkat Pusat hingga ke desa anak Indonesia bebas dari Stunting,"jelas Budi kepada AcehStandar.com, Selasa 23 November 2021.

Sedangkan target DPPKB dalam program kegiatan kedepan yakni setiap desa menempatkan tiga kader Tim Pendamping Keluarga (TPK), setiap desa untuk seluruh kecamatan di Aceh Tenggara. 

Kemudian pembentukan Tim Percepatan Pengendalian Penurunan Stunting (TPPS) tingkat kabupaten. 

"Sasaran kita kepada setiap calon pengantin, pasangan subur, ibu hamil, ibu pasca melahirkan, serta pasangan yang mempunyai anak usia di bawah 5 tahun. Untuk mengetahui apakah Asupan gizi seimbang terhadap anak, ibu hamil dan bayi,"jelasnya. 

Kata Budi, program ini bisa berhasil jika dengan melakukan pendampingan bagi kelompok 1000 hari pertama kehidupan. 

"Harapan saya, jika adanya dukungan serius dari semua kalangan pemerintah Pusat, daerah dan desa, tentu saja laju penurunan angka Stunting bisa tercapai target hingga ke tahun 2024 mendatang,"sebut Budi.