Breaking News

Dosen Mensupport, Tim Debat Universitas Abulyatama Lolos ke Tingkat Nasional

Dosen Mensupport, Tim Debat Universitas Abulyatama Lolos ke Tingkat Nasional

ACEHSTANDAR.COM - Seleksi wilayah Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2021. Kegiatan tersebut telah selesai dilaksanakan secara online oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud pada Senin, 28 Juni 2021.  

Begitu juga dengan hasil seleksi telah diumumkan pada Senin, 5 Juli 2021 dan tim debat Universitas Abulyatama yang bernaung dibawah Abulyatama Debating Club (ADC) lolos sebagai salah satu tim yang mewakili LLDIKTI XIII Aceh di tingkat Nasional.

Hal itu diungkapkan oleh KaBid Prestasi Mahasiswa, Bidang Kemahasiswaan Unaya, Ema Dauyah, M.Ed kepada AcehStandar.com, Rabu (7/7/2021).

Seleksi KDMI tingkat wilayah kata dosen FKIP Unaya ini merupakan babak seleksi sebelum menuju tingkat nasional, pada tahun ini akan diadakan secara online melalui zoom pada Agustus nanti. 

KDMI adalah kompetisi debat tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Bersama dengan KDMI adalah National University Debating Championship (NUDC) merupakan kompetisi debat Bahasa Inggris antar perguruan tinggi.

KDMI dan NUDC menggunakan sistem British Parliamentary (BP). Sistim BP terdiri dari 2 pembicara (speaker). 

Ema Dauyah, seleksi KDMI dan NUDC pada tahun 2021 masih berlangsung secara online dengan mengirimkan tiga video perdebatan yang dinilai oleh 5 – 7 adjudicator (juri). 

Berdasarkan hasil seleksi, terbentuk tim debat Universitas Abulyatama yang terdiri dari Moeharir Yasarsa, Wisda Hakim dan Putri Meliyuana bersama dengan tim debat Universitas Syiah Kuala.

Universitas Almuslim, Universitas Malikussaleh dan Universitas Teuku Umar akan mewakili kontingen Aceh berlaga ditingkat nasional bersama dengan 100an tim lainnya dari seluruh Indonesia. 

Sebelumnya juga diberitakan hasil seleksi National University Debating Championship juga sudah diumumkan, namun tim debat Universitas Abulyatama terdiri dari M. Alif Al Haidar, Jovan Alvayd dan Maizal Asriati belum berhasil melaju ke level nasional.

"Mereka hanya berada diurutan ke 7 dari seluruh tim yang ikut seleksi wilayah pada 21 Juni lalu," ungkap Ema Dauyah.

Keberhasilan tim debat Universitas Abulyatama ketingkat nasional tidak terlepas dari keberadaan Abulyatama Debating Club (ADC) dan pembinaan yang dilakukan secara intens oleh pembina Ms. Ema Dauyah, M.Ed. 

Dari keterangan yang diperoleh, persiapan dan latihan dilakukan secara kontinue dan intensif dibantu oleh senior ADC dengan mendatangkan pelatih dari Universitas Syiah Kuala (USK). 

Ia juga mengatakan Usaha ini juga tidak terlepas  dari dukungan penuh dari yayasan, rektorat dan sivitas akademika Universitas Abulyatama yang terus mensupport kegiatan kemahasiswaan untuk dapat berprestasi baik ditingkat lokal maupun nasional.

Universitas Abulyatama Rumoh Ilmu dan Budaya

Sementara itu, pihak rektorat melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dr. Hady Maulanza, MKM., Sp.KLLP menyambut baik keberhasilan yang diraih oleh mahasiswa dan berharap tim debat terpilih bisa tampil maksimal sehingga meraih kesuksesan serta dapat meningkatkan ranking tim  Aceh ditingkat nasional.
 
Hady Maulanza juga menambahkan Universitas Abulyatama sebagai Rumoh Ilmu dan Budaya melalui Bidang Prestasi Mahasiswa Universitas Abulyatama.

“Harapannya mahasiswa lebih terpacu dan bersemangat untuk mengikuti ajang kompetisi mahasiswa di tinggkat nasional.

AS
Ampon Bram