Breaking News

Good Bye TV Analog, Berikut Cara Tangkap Siaran Digital

Good Bye TV Analog, Berikut Cara Tangkap Siaran Digital
Ilustrasi tv analog. Shutterstock

ACEHSTANDAR.COM - Proses Analog Switch off (ASO) atau migrasi dari siaran tv analog ke digital akan segera dimulai. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan tahapan migrasi mulai 17 Agustus 2021 hingga 2 November 2022.

Di tahapan pertama nanti ada 15 daerah yang siaran analognya. Meliputi lima provinsi, daerah itu antara lain:

Aceh (Kab. Aceh Besar Kota Banda Aceh),Kepulauan Riau (Kab. Bintan, Kab. Karimun, Kota Batam, Kota Tj. Pinang),Banten (Kab. Serang , Kota Cilegon, Kota Serang) Kalimantan Timur (Kab. Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Bontang),Kalimantan Utara (Kab. Bulungan, Kota Tarakan, Kab. Nunukan).

Direktur Penyiaran Ditjen Penyelenggaran Pos dan Informatika Kominfo Garyantika Kurnia mengatakan jika siaran digital manfaatnya adalah gambarnya menjadi lebih bersih. "Bedanya gambarnya bersih, canggih, jernih, bisa lebih interaktif," kata Geryantika beberapa waktu lalu.

Lalu bagaimana cara mendapatkan siaran digital?

Kominfo menyebutkan sekalipun siaran digital, televisi lama sebenarnya bisa digunakan. Warga bisa menambahkan Set Top Box (STB) untuk menjangkau siaran.
Harga STB pun tak terlalu mahal, yakni berkisar Rp150 ribu per unit. STB adalah perangkat menerima siaran digital yang bisa dihubungkan pada perangkat televisi.

Selain itu, ada beberapa ciri televisi yang mendukung siaran digital. Berikut di antaranya:

Buka Tv Tabung

TV yang bisa menangkap siaran digital bukan tv tabung. Pasalnya semua TV analog adalah TV tabung.

Tidak Semua Layar Datar adalah TV Digital

Tak semua bentuk TV layar datar seperti LCD/LED adalah TV digital. Biasanya TV jenis ini sudah memiliki fitur pencarian siaran digital lewat fitur tuning yang menawarkan opsi mencari siaran TV analog atau TV digital.

TV analog biasanya disebut ATV. Gambar kurang jernih. TV Digital biasanya disebut DTV. Gambar yang ditampilkan lebih jernih.

Mendukung DVB-T2

Siaran TV Digital di Indonesia menggunakan standar DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial second generation).

DVB-T2 adalah alat untuk menerima siaran digital. informasi ini biasanya ada di bagian box atau tanyakan kepada penjual apakah tv tersebut sudah mendukung DVB-T2.

Cek Sinyal

Sebelum membeli TV pastikan siaran digital sudah masuk di lingkungan kita. Sejumlah aplikasi bisa digunakan untuk mengecek.

Sumber:CNBC
AS
Ampon Bram