Breaking News

Hasil Studi LPI Kepala BIN Terbaik! Kalahkan Kapolri dan Panglima TNI

Hasil Studi LPI Kepala BIN Terbaik! Kalahkan Kapolri dan Panglima TNI
Kepala BIN Budi Gunawan

ACEHSTANDAR.COM - Hasil studi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menempatkan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan sebagai yang terbaik mengalahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

LPI secara istimewa mengukur kinerja kabinet dalam merespons wabah Covid 19.

Hasilnya Kepala BIN Budi Gunawan meraih skor 99 dalam skala 0-100 disusul Panglima TNI dan Kapolri yang sama-sama meraih nilai 98.

Selanjutnya, ada Menkopolhukam Mahfud MD (96), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (95), Menteri BUMN Erick Tohir (94), Menteri Sosial Tri Rismaharini (93), dan Mendagri Tito Karnavian (91).

Direktur LPI Boni Hargens memerinci ada tiga indikator penilaian. Ketiganya ialah kepemimpinan, kebijakan, dan aspek ketanggapan.

Aspek kepemimpinan memberi kontribusi 30 persen kepada resultan nilai kinerja.

Sementara itu, indikator kedua menyumbang 20 persen dan indikator ketanggapan mendapat porsi terbesar, yaitu 50 persen dari total pengukuran.

“Penentuan ini menunjukkan bahwa LPI menitikberatkan pada sektor daya tanggap dalam mengukur kualitas performa para menteri dan pimpinan lembaga negara,” urai Boni dalam keterangannya, Kamis, 8 Juli 2021.

Menanggapi hal itu, Ahli Pertahanan dan Keamanan (Hankam) dari Universitas Indonesia (UI) Kusnanto Anggoro menyatakan ketidakterkejutannya.

“BIN memang sejak awal terdepan dalam mengatasi pandemi ini. Bahkan dulu ada yang memberi kritik karena badan intelijen mencampuri urusan kesehatan," ujarnya.

Sekarang baru orang mengerti bahwa pandemi ini melampaui urusan kesehatan karena sudah menyangkut keamanan dan keselamatan masyarakat dan Negara,” lanjut dia. 

“Sikap proaktif BIN dari awal sudah sangat tepat dan Budi Gunawan  perlu diberi apresiasi dan dijadikan pemimpin teladan,” tambah Kusnanto yang juga ikut dalam sejumlah kegiatan FGDs yang digelar LPI dalam kajian ini.

Selain Kepala BIN, Kusnanto juga mengapresiasi kerja institusi militer dan kepolisian yang rela mengambil risiko dalam segala keadaan untuk mengatasi pandemi ini.

“Saya perhatikan ada koordinasi yang baik antarketiga lembaga ini yaitu TNI, Polri, dan BIN. Semestinya menteri-menteri juga belajar dari ketiga pimpinan lembaga ini,” tandasnya.

 

AS
Ampon Bram