Breaking News

Heboh Narasi Internet Mati pada 24-30 September 2021, Ini Penjelasan Kominfo

Heboh Narasi Internet Mati pada 24-30 September 2021, Ini Penjelasan Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate.

ACEHSTANDAR.COM - Beredar pesan berantai yang berisi informasi bahwa jaringan internet mati pada 24-30 September.

Disebutkan bahwa internet mati lantaran adanya perbaikan kabel bawah laut Palapa Ring Tengah link Ondong-Tahuna yang digelar pada 24-30 September 2021.

Berikut narasi yang beredar:

"Selamat Pagi Bapak/Ibu Camat Group LTI DAN Diskominfo ini di buat dalam Rangka Perbaikan KABEL BAWAH LAUT PALAPA RING TENGAH LINK ONDONG TAHUNA YG RENCANA AWALNYA TGL 29 Agustus-06 Sept tapi karena sesuatu dan lain Hal maka rencananya tgl 24 - 30 Sept 2021 sehingga Jaringan akan Down utk itu di Mohon Kesediaan Para Camat utk dapat Mengedukasi dan mengsosialisasi kpd Masyarakat dan apabila ada pertanyaan dapat di komunikasikan di Group ini nti dari Team PT LTI yg akan menjawab, terima kasih."

"Internet akan mati dri tgl 24-30 Sept 2021," tambah pesan tersebut.

Suara.com mencoba konfirmasi ke Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate.

Ia menjelaskan, informasi tersebut tidak jelas sumbernya dari siapa dan bagaimana bisa beredar luas.

"Informasi ini tidak jelas sumbernya dari siapa dan bagaimana bisa beredar," katanya.

Namun, ia tak menampik kabar bahwa ada perbaikan terencana yang ada di segmen Tahuna-Ondong (Sulawesi Utara) Palapa Ring Tengah yang direncanakan pada 24-30 September 2021.

"Wilayah yg terdampak gangguan adalah Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara,"

Meski begitu, Johnny mengklaim Bakti, LTI sebagai BUP, dan Pemda Sitaro sudah berkoordinasi.

"Sudah dilakukan analisa backup link untuk Kabupaten Sitaro, sehingga tetap bisa mendapatkan akses telekomunikasi saat perbaikan Tahuna-Ondong dilakukan," pungkasnya.

Di sisi lain, mengutip dari situs kominfo.go.id, narasi yang menyebutkan internet akan mati total pada 24-30 September 2021 adalah salah atau hoaks.

Jacson Baginda Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sitaro menjelaskan bahwa Palapa Ring paket tengah memang akan mengalami perbaikan dalam waktu dekat.

Pihaknya mengatakan bahwa selama perbaikan kabel fiber optik Palapa Ring, layanan jaringan internet di Kabupaten Kepulauan Sitaro akan terus diupayakan tersedia, bukan mati total.

Sumber:suara.com