Breaking News

Ibu Hamil Boleh Pakai Skin Care, Tapi…

Ibu Hamil Boleh Pakai Skin Care, Tapi…
Ilustrasi - Howtodomyhair

ACEHSTANDAR.COM-Beberapa ibu mungkin pasrah dan takut untuk merawat kulitnya di masa kehamilan dengan alasan dapat memengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Namun apakah betul?   

Kehamilan bukanlah menjadi penghalang bagi calon ibu untuk memiliki kulit yang cantik dan sehat. Siapa bilang ibu hamil tidak boleh menggunakan skincare? Penggunaan skincare justru sangat dianjurkan pada ibu hamil.   

Hal ini dikarenakan pada saat hamil, akan terjadi perubahan-perubahan fisiologis pada kulit seperti timbul jerawat, kulit kusam, muncul flek, stretch marks dan sebagainya. Meski sangat dianjurkan untuk melanjutkan skincare rutin yang sudah dilakukan, namun Anda tetap  memperhatikan mana yang boleh atau tidak dilanjutkan selama masa kehamilan.  

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Nadia Darus menyarankan agar ibu hamil menggunakan sabun gentle cleanser, moisturizer dan sunscreen. Gunakan produk dengan kandungan AHA (glycolic acid, lactic acid, dan sebagainya) dan azelaic azid. Kemudian selama masa kehamilan, pastikan untuk menghidrasi kulit Anda dengan oil atau minyak dan pilihlah physical sunscreen.   

Sebaliknya, selama kehamilan, hindari produk dengan kadungan BHA (salicylic acid), benzoyl peroxide, produk retional (termasuk retinyl palmitate, retinaldehyde), parabens dan phthalates dan chemical sunscreen. 

Beberapa kandungan di atas dapat membuat ibu hamil mengalami iritasi kulit, bengkak, gatal-gatal, hingga memicu komplikasi seperti cacat lahir serta keguguran apabila dikonsumsi.   

Pastikan untuk menggunakan sunscreen setiap hari dan diulang setiap 2 hingga 3 jam. Ini dilakukan agar flek di wajah tidak menetap pasca melahirkan.   

“Kulit yang cantik dan sehat akan membuat ibu hamil bahagia, sehingga menjalani kehamilannya terasa lebih menyenangkan,” tulis dr  Nadia.

Apabila Anda masih ragu dan bingung, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit terdekat. Nantinya, dokter akan membantu Anda memilih obat atau produk dan memberikan pilihan terapi yang aman untuk menangani keluhan kulit bagi ibu hamil.  

 

Sumber:Bisnis.com
AS
Ampon Bram