Breaking News

Jangan Kaget, Terkuak Sudah Alasan Mengapa WNA China Datang ke Indonesia

Jangan Kaget, Terkuak Sudah Alasan Mengapa WNA China Datang ke Indonesia

ACEHSTANDAR.COM - Terkuak sebuah alasan mengapa Warga Negara Asing (WNA) China datang ke Indonesia di saat pemerintah tengah mengencangkan aturan larangan mudik beberapa waktu yang lalu.

Hal tersebut diungkapkan secara langsung oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, belum lama ini.

Dirinya menuturkan bahwa WNA China yang ke Indonesia kala itu adalah Tenaga Kerja Asing (TKA).

Kehadiran TKA saat diberlakukan larangan mudik karena berkaitan dengan aktivitas industri strategis.

“Kebutuhan TKA ini konteksnya beda dengan mudik,” kata Susiwijono.

“Ini kan karena terkait dengan jadwal produksi dari beberapa industri yang sangat strategis untuk perekonomian kita yang memang investasinya dari asing, dari RRT (Republik Rakyat Tiongkok) dan sebagainya,” ujarnya menjelaskan.

Sesmenko Susi menyampaikan kedatangan TKA melalui udara akan difokuskan melalui Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara.

“Kita sepakati untuk yang lewat udara pun akan difokuskan karena sebagian besar industri di Sulawesi, melalui pelabuhan udara di Manado,” lanjutnya.

“Jadi pengaturan kebijakan sudah dijelaskan oleh Pak Menhub,” tuturnya.

Lebih jauh, Susiwijono juga meminta kepada masyarakat untuk melihat dari konteks TKA China yang datang ke Tanah Air.

Pasalnya, pemerintah sendiri hanya melarang kegiatan mudik dan tidak melarang aktivitas domestik lain.

“Kegiatan normal apapun yang bukan dalam konteks mudik, kegiatan bisnis, kegiatan usaha apapun sebenarnya tidak ada yang kami larang, kami tetap ingin menjaga dari sisi ekonominya,” tegasnya.

“Untuk yang kedatangan TKA itu kan mengenai prosedur untuk persyaratan pemenuhan protokol kesehatan, dan kemudian karantina dan sebagainya memang sudah ada peraturannya dan diperketat,” tutupnya menjelaskan.