Breaking News

Kejari Sabang Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ganja Hasil Proses Hukum Tahun 2021

Kejari Sabang Musnahkan Barang Bukti Sabu dan Ganja Hasil Proses Hukum Tahun 2021
Kajari Sabang bersama Ketua PN Sabang, Kepala BNNK Sabang, Kasat Resnarkoba Polres Sabang, Sekretaris Dinkes Kota Sabang dan Perwakilan Rutan Kelas IIB Sabang, melakukan pembakaran BB di kantor Kejaksaan Negeri Sabang, Rabu (03/11/2021).

ACEHSTANDAR.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang musnahkan Barang Bukti (BB) jenis sabu dan ganja bersama Polres Sabang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sabang, Pengadilan Negeri (PN) Sabang, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sabang dan Dinas Kesehatan Kota Sabang.

Pemusnahan BB yang dilaksanakan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Sabang, Jalal T. Umar, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, merupakan tindak pidana kejahatan narkoba hasil dari proses hukum selama tahun 2021.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sabang Choirun Parapat, S.H, M.H usai melakukan pemusnahan BB jenis sabu dan ganja kepada awak media di kantornya mengatakan, bahwa Barang Bukti dari setiap kasus kejahatan yang hukumnya sudah ingkrah atau ketetapan tetap dari keputusan Pengadilan maka, Barang Bukti dari kejahatan tersebut wajib dimusnahkan.

"Artinya tugas Kejaksaan dalam memproses hukum bagi pelaku kejahatan telah selesai diputuskan Pengadilan secarah sah dan pelakunya telah menjalani hukumannya maka, Barang Bukti dari sitaan wajib kami musnahkan," demikian disampaikan Kajari Sabang Choirun Parapat, S.H, M.H, usai memusnahkan Barang Bukti narkoba jenis sabu dan ganja, Rabu (03/11/2021).

Lebih lanjut Choirun Parapat menjelaskan, pemusnahan Barang Bukti narkoba jenis sabu dan ganja dilakukan dengan cara dibakar dalam wadah drum besi, yang turut dilakukan oleh Kepolisian Polres Sabang, Pengadilan Negeri Sabang, Badan Narkotika Nasional Kota Sabang, Rumah Tahanan Kelas IiB Sabang dan juga Dinas Kesehatan Kota Sabang.

Kajari Sabang Choirun Parapat, S.H, M.H

"Barang Bukti yang dimusnahkan hari ini merupakan hasil proses hukum terkait kejahatan narkotika jenis sabu dan ganja sepanjang tahun 2021, dari bulan Januari hingga Oktober 2021," jelas Kajari Sabang, didampingi Kasi Pidum Adenan Sitepu, S.H, M.H, Kasi Pidsus Fri Wisdom S Simbayak, S.H, Kasi Datun Yovi Iskansar, S.H dan Kasi PB3R Tri Sutrisno, S.H.

Diterangkan juga bahwa, jumlah perkara yang telah selesai ditangani Kejari Sabang ada 15 perkara yang terdiri antara 11 perkara tentang kasus narkotika dan 4 perkara lainnya, yang telah memiliki kekuatan hukum tetap pada periode bulan Januari sampai dengan Oktober 2021. Sedangkan Barang Bukti yang dimusnahkan hari ini adalah, narkotika jenis sabu seberat 27,24 gram dan ganja 148.84 gram.

Disisi lain Choirun Parapat mengatakan, dilihat dari pengungkapan bahwa kasus narkotika di Kota Sabang dalam kurun waktu terakhir ini cenderung menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, kita apresiasi kepada BNNK Sabang dan Polres Sabang, yang telah bekerja keras menekankan peredaran narkotika di pulau wisata ini.

"Kita bersyukur atas penekanan peredaran narkotika di Kota Sabang dalam kurun waktu terakhir ini, dan itu semua tentunya tidak terlepas dari kerja keras BNNK Sabang beserta Sat Resnarkoba Polres Sabang. Selain itu juga adanya dukungan semua pihak terutama masyarakat Sabang," katanya.

Hadir pada pemusnahan BB tersebut antara lain Kajari Sabang Choirun Parapat, S.H, M.H, Ketua PN Sabang Syihabuddin, S.H, M.H, Kepala BNNK Sabang Masduki, Kapolres Sabang diwakili Kasat Resnarkoba IPTU Yudi, Kadiskes Kota Sabang diwakili Sekretaris Ihksani, Ka Rutan Kelas IIB Sabang diwakili Samsul, Kasi Pidum Adenan Sitepu, S.H, M.H, Kasi Pidsus Fri Wisdom S Sumbayak, S.H, Kasi Datun Yovi Iskandar, S.H dan Kasi PB3R Tri Sutrisno, S.H.