Breaking News

Ketum PP Muhammadiyah: Bela Palestina Sama dengan Tegakkan Konstitusi

Ketum PP Muhammadiyah: Bela Palestina Sama dengan Tegakkan Konstitusi
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (detik.com)

ACEHSTANDAR.COM - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan alasan membela Palestina, menurutnya membela Palestina sama saja dengan menerapkan nilai-nilai konstitusi. Oleh karena itu Haedar meminta jika ada kasus serupa berupa penjajahan, meski tidak terkait dengan agama, maka harus tetap dibela.

Awalnya Haedar mengungkapkan alasan Muhammadiyah mendukung membela Palestina. Haedar mengingatkan di dalam amanat pembukaan UUD 1945 menegaskan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

"Bahwa di pembukaan itu kan kemerdekaan itu kan hak segala bangsa dan oleh karena itu penjajahan harus dihilangkan dari seluruh muka bumi. Kemudian kita juga punya tujuan nasional ikut serta dalam ketertiban dunia dan perdamaian abadi, nah dengan dasar ini maka kita juga membela Palestina dan mengutuk sekeras kerasnya Israel dan siapapun kekuatan yang terus mengawetkan agresi dan nafsu kolonialisme," kata Haedar dalam acara halal bihalal silaturahmi Idul Fitri Keluarga Besar Muhammadiyah yang disiarkan di YouTube tvMU Channel, Minggu (23/5/2021).

Oleh karena itu, ia meminta warga Indonesia kembali diberi penegasan untuk memahami amanah konstitusi. Tak hanya itu, Muhammadiyah juga meminta agar umat Islam juga berjuang membela kelompok tertentu yang dijajah meski bukan sesama agama.

"Jadi intinya bahwa kita pahamkan warga dan elite bangsa kita yang belum paham sejarah dan konstitusi, juga jiwa konstitusi Indonesia bahwa bela Palestina dan bela setiap hal yang mirip dengan Palestina," ujarnya.

"Nah orang Islam juga harus jujur dan adil kalau ada peristiwa yang sama dan menimpa golongan lain kebetulan misalkan yang tidak terikat dengan golongan agama kita, kita pun harus membela, jangan diam. Jadi Muhammadiyah juga harus adil membela setiap peristiwa yang menjadi korban dari agresi dan tindakan semena-mena atas nama apapun," imbuhnya.

Sumber:Detik.com