Breaking News

Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021 

Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021 
Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M Yusuf, S.I.Kom. 

ACEHSTANDAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021, Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar Upacara yang berlangsung di halaman Makodim Jl. T Cut Ali Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Rabu 10 November 2021. 

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 mengangkat Tema "Pahlawanku Inspirasiku" bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M Yusuf, S.I.Kom. 

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Dandim Aceh Selatan menyebutkan, Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. 

"Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan,"kata Dandim.

Lanjutnya, Ratusan tahun Indonesia terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba. 

Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air, inilah pelajaran berharga, Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan. 

"Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku. Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928,"jelasnya. 

Menurutnya, Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. 

"Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar selogan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua,"ucapnya.

Seusai kegiatan Upacara, secara terpisah Dandim Aceh Selatan berharap, melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, marilah bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. 

"Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku"Kata Dandim. 

Selain menggelar upacara, peringatan Hari Pahlawan juga diisi dengan rangkaian kegiatan Upacara Ziarah Makam T Cut Ali yang di ikuti oleh Bupati Aceh Selatan beserta unsur Forkopimda, para SKPK, Muspika Kluet Selatan dan pasukan Upacara Ziarah dari TNI/Polri. 

Upacara ini diikuti oleh Perwira Staf Kodim, Danramil jajaran serta sejumlah Personil dan PNS Kodim 0107/Aceh Selatan dengan tetap menerapkan anjuran protokol kesehatan Covid-19.(*)