Breaking News

Menghitung Ekspor Senjata 5 Negara ke Israel

Menghitung Ekspor Senjata 5 Negara ke IsraelAP
AS tercatat mengekspor senjata ke Israel senila US$4,9 miliar. Selain AS, Jerman, Italia, Kanada, dan Inggris juga mengekspor jutaan poundsterling ke Israel. Ilustrasi.

ACEHSTANDAR.COM -- Gencatan senjata antara Israel dengan Palestina masih berlangsung. Ratusan orang tewas di Jalur Gaza, sedangkan Israel mencatat korban tewas sebanyak 12 orang.

Mengutip Middle East Eye, Kamis (20/5), beberapa negara diketahui membantu persenjataan Israel lewat ekspor senjata ke negara tersebut. Negara-negara yang dimaksud adalah Amerika Serikat (AS), Jerman, Italia, Inggris, termasuk Kanada.

Ekspor AS ke Israel

AS disebut sebagai negara eksportir terbesar untuk Israel. Data Institut Penelitian Perdamaian Dunia Stockholm (Sipri) menunjukkan bahwa porsi impor senjata Israel dari AS mencapai 70 persen pada 2009-2020.

Sementara, data lembaga swadaya masyarakat asal Inggris Kampanye Melawan Perdagangan Senjata (Caat) mencatat jumlah ekspor senjata AS ke Israel pada 2013-2017 sebesar US$4,9 miliar.

Bukan cuma itu, AS juga menyalurkan bantuan anggaran militer untuk Israel sebesar US$3,8 miliar beberapa tahun terakhir. Bantuan itu juga masih ditambah sebesar US$1,6 miliar untuk mengembangkan sistem rudal pertahanan serangan udara (iron dome).

Perusahaan AS yang memasok senjata kepada Israel adalah Lockheed Martin, Boeing, Northrop Grumman, General Dynamics, Ametek, UTC Aerospace, dan Raytheon.

Ekspor Jerman ke Israel

Jerman menjadi eksportir senjata terbesar kedua bagi Israel. Porsinya sebesar 24 persen sejak 2009 silam sampai 2020 lalu.

Jerman disebut-sebut menerbitkan lisensi penjualan senjata untuk Israel pada 2013-2017 sebesar 1,3 miliar Poundsterling.

Data Sipri menunjukkan bahwa Jerman menjual senjata ke Israel pada 1960 sampai 1970. Lalu, Jerman mulai mengekspor senjata mulai 1994 silam.

Ekspor Italia ke Israel

Sementara, data Sipri mencatat porsi ekspor senjata Italia ke Israel sebesar 5,6 persen dari 2009 sampai 2020. Nilai dari ekspor tersebut mencapai 360 juta poundsterling.

Bukan cuma senjata, Israel juga membeli pesawat latih militer Italia. Lalu, Italia pun membeli rudal dan jenis senjata lain buatan Israel.

Ekspor Kanada ke Israel

Berdasarkan data Sipri, ekspor senjata Kanada ke Israel porsinya 0,3 persen selama 2009-2021. Nilainya sebesar US$13,7 juta.

Namun, tak ada rincian senjata atau perangkat militer apa saja yang diekspor dari Kanada ke Israel.

Ekspor Inggris ke Israel

Data Caat menunjukkan ekspor senjata Inggris ke Israel mencapai 400 juta poundsterling. Ekspor dilakukan sejak 2015 lalu.

Perusahaan Inggris yang memasok senjata untuk Israel adalah BAE Systems, Atlas Elektronik UK, MPE, Meggitt, Penny Giles Controls, Redmayne Engineering, Senior PLC, Land Rover, dan G4S.

Sumber:CNN Indonesia