Breaking News

Napi Lapas Kelas II B Meulaboh Dilatih Kerajinan Tangan

Napi Lapas Kelas II B Meulaboh Dilatih Kerajinan Tangan
Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II B Meulaboh membuat jaring ikan untuk mengisi waktu luang didalam lapas. (FOTO: Vinda Eka Saputra)

ACEHSTANDAR.COM -  Sejumlah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II B Meulaboh, Aceh Barat, mengisi waktu luang dengan membuat berbagai kerajinan yang bernilai jual hingga jutaan rupiah.

Kepala Seksi Pembinaan Narapidana LP Kelas II B Meulaboh, Arif mengatakan aktivitas yang dilakukan oleh para warga binaan ini merupakan salah satu pembinaan dan kemandirian yang ada di dalam LP.

“Kegiatan yang mereka lakukan ini bukan saja untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif namun juga sebagai bekal bagi mereka kita sudah keluar dari dalam lapas dan kembali ke masyarakat nantinya,” kata Arif, Rabu 16 Juni 2021.

Ada berbagai kegiatan positif yang dilakukan oleh para warga binaan di dalam LP Kelas II B Meulaboh ini seperti pembuatan jala ikan dan udang dengan berbagai ukuran, pembuatan lemari dan meja serta kegiatan pertanian.

“Yang menjadi produk unggulan kita disini itu ada jala atau jaring ikan, nantinya produk-produk yang dihasilkan oleh warga binaan ini sudah kita jual ke beberapa toko di seputaran kota Meulaboh,” katanya.

Keterampilan yang dimiliki oleh para warga binaan ini didapat melalui berbagai pelatihan yang diberikan oleh pihak lapas dan ada juga yang memang memiliki bakat sendiri kemudian membaginya kepada warga binaan lainnya.

“Kalau dalam produk mebeler kita di sini yang menjadi kendala adalah dalam proses finishingnya, tapi kita tetap berusaha sampe barang-barang kita ini sampe dapat bersaing di pasaran,” ujar Arif.

Ia juga menambahkan bahwa nantinya hasil penjualan yang didapat dari produk-produk buatan para warga binaan tersebut sebahagian akan di serahkan ke kas negara dan sebahagiannya lagi akan diberikan kepada warga binaan dalam bentuk premi.

LAPORAN: VINDA EKA SAPUTRA

AS