Breaking News

Papua Rusuh & Mencekam, Rumah Warga Dibakar Buntut Wafatnya Mantan Bupati Yahukimo yang Misterius

Papua Rusuh & Mencekam, Rumah Warga Dibakar Buntut Wafatnya Mantan Bupati Yahukimo yang Misterius

ACEHSTANDAR.COM  - Mantan Bupati Yahukimo Abock Busup meninggal dunia di Jakarta berbuntut kerusuhan di Yahukimo Papua.

Kerusuhan hingga pembakaran rumah warga terjadi di Dekai, kabupaten Yahukimo Provinsi Papua, Minggu (3/10/2021).

Warga dikabarkan terprovokasi akibat kabar duka meninggalnya mantan bupati Yahukimo, Abock Busup.

Mantan Bupati Yahukimo tersebut meninggal dunia di Jakarta, Minggu (3/10/2021).

Saat ini, jenazah dalam proses pemulangan ke Papua. Almarhum Abock Busup merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua.

Mantan Bupati Yahukimo periode 2016 hingga 2021 itu ditemukan dalam kondisi terbujur kaku di dalam kamar hotel yang ia tempati.

Kabar meninggalnya Abock Busup juga disampaikan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifi Hasan. DIa mengaku sangat kehilangan kader terbaiknya di Bumi Cenderawasih ini.

"Partai Amanat Nasional (PAN) sekali lagi kehilangan salah satu kader terbaiknya. Telah berpulang kawan seperjuangan kami, Ketua DPW PAN Papua, mantan Bupati Yahukimo, Saudaraku Abock Busup, karena sakit," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan, menyebut kabar meninggalnya Abock Busup datang ketika mereka hendak melaksanakan bimbingan teknis untuk seluruh ketua DPW-DPD PAN dan anggota Dewan.

"Kabar duka ini datang saat kami hendak melaksanakan kegiatan Bimtek PAN bersama seluruh ketua DPW dan DPD serta anggota DPR RI, provinsi, hingga kota/kabupaten se-Indonesia," kata Zulhas.

Zulhas menyebut sejatinya diriya hendak bertemu dengan Abock Busup di acara tersebut. Zulhas menyatakan PAN sangat berduka dengan kepergian Abock Busup.

"Sedianya kami akan bertemu dengan mendiang Saudaraku Abock dan kawan-kawan seperjuangan lain dari Papua di acara tersebut. Kini kami hanya bisa mendokan beliau dengan rasa kehilangan yang mendalam. Mohon doa dari semuanya," kata Wakil Ketua MPR RI itu.

Kabar meninggalnya politisi PAN Papua ini memang sangat mengejutkan. Sementara, kunjungan Abock Busup ke Jakarta untuk urusan internal partai.

Abock dalam kunjungannya didampingi sejumlah pengurus DPW PAN Papua.

Hanya, belum diketahui penyebab utama meninggal politisi asal partai berlambang Matahari Terbit ini. Termasuk juga belum diketahui kapan jenazah dibawa pulang ke Jayapura.

Hingga berita ini ditayangkan, kondisi keamanan di Dekai, Kabupaten Yahukimo mencekam.***