Breaking News

Partai Demokrat Soroti 60 Ribuan SPDP Mangkrak di Mabes Polri

Partai Demokrat Soroti 60 Ribuan SPDP Mangkrak di Mabes Polri
Benny K Harman (Foto: dok. DPR)

ACEHSTANDAR.COM - Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat Benny K Harman menyoroti puluhan ribu surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) yang disebutnya mangkrak di Mabes Polri. Benny meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyelesaikan SPDP yang mangkrak tersebut.

Benny awalnya menyebut belum bisa memberikan penilaian atau pujian kepada Jenderal Sigit atas apa yang dilakukan sejauh ini. Namun Benny menyebut konsep visi yang ditawarkan Sigit luar biasa.

"Saya tentu belum bisa menilai dan belum bisa memberikan pujian atas apa yang telah dilakukan, tapi konsep visi yang Bapak tuangkan ini luar biasa," kata Benny saat rapat dengar pendapat bersama Kapolri Jenderal Sigit di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Dia mengungkap salah satu alasan belum bisa memuji Kapolri adalah ada 60 ribuan SPDP yang saat ini mangkrak di Mabes Polri.

"Dalam rangka menjalankan visi itu, kami usulkan supaya ada penyelesaian 60-an ribu SPDP yang saat ini mangkrak di Mabes Polri," ucap Benny.

Tak hanya itu, Benny juga menyoroti terkait campur aduknya kasus perdata dan pidana di Polri. Selain itu, dia menyinggung terkait banyaknya tersangka yang dibiarkan terbengkalai tanpa penyelesaian.

"Kasus pidana, kasus perdata, campur aduk. Tapi banyak sekali yang telah ditetapkan sebagai tersangka tanpa ada penyelesaian, tanpa dilanjutkan kasusnya. Kalau bisa Bapak selesaikan ini," ujarnya.

Lebih lanjut Benny juga menyoroti Kapolri Sigit terkait penjagaan lima daerah destinasi pariwisata. Dia mengaku mendapatkan banyak keluhan terkait keamanan yang ada di sejumlah destinasi pariwisata.

"Kemudian yang kedua saya usul, tolong Bapak perhatikan daerah daerah destinasi pariwisata supaya dijaga, ada pospol-pospol khusus di lima daerah destinasi pariwisata yang ditetapkan Pak Presiden Jokowi. Banyak keluhan, keamanan sangat terganggu. Mohon perhatian, Pak," katanya.

Sumber:Detik.com
AS