Breaking News

Pengamatan Gerhana Bulan Total Tertutup untuk Publik, Masyarakat Dapat Saksikan Melalui Channel Youtube Kemenag Aceh

Pengamatan Gerhana Bulan Total Tertutup untuk Publik, Masyarakat Dapat Saksikan Melalui Channel Youtube Kemenag Aceh

ACEHSTANDAR.COM - Pengamatan gerhana bulan total pada 26 Mei 2021 akan dilakukan tertutup untuk publik. Namun masyarakat dapat mengikuti tayangan langsung proses terjadinya gerhana melalui Channel Youtube Kemenag Aceh melalui link live streaming https://youtu.be/-POWATnRDVs.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Aceh, Drs. H. Marzuki A., MA mengatakan, kebijakan pengamatan tertutup dilakukan untuk mencegah keramaian publik yang dapat meningkatkan resiko penyebaran Covid-19.

"Untuk gerhana 26 Mei nanti, masyarakat dapat mengikuti secara live di channel Youtube Kemenag Aceh mulai pukul 18.30 WIB atau dengan mengakses situs web www.observatoriumaceh.com,” ujarnya. 

Ia mengajak masyarakat agar dapat berikhtiar menjaga kesehatan diri serta keluarganya masing-masing dengan menghindari keramaian dan bermunajat kepada Allah. 

“Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir dan kita dapat kembali melakukan pengamatan bersama-sama dengan masyarakat secara langsung seperti sebelum pandemi," harapnya. 

Ahli Falakiyah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh  Alfirdaus Putra, SH, MH  menambahkan, shalat khusuf dapat dilaksanakan setelah pelaksanaan shalat maghrib. 

“Meski gerhana berlangsung sejak sore hari, namun masyarakat Aceh baru dapat menyaksikannya setelah bulan terbit sepenuhnya di ufuk timur. Karena itu shalat khusuf dapat dilaksanakan langsung setelah setelah pelaksanaan shalat maghrib berjamaah dengan memperhatikan protokol kesehatan,” katanya. 

Tim Falakiyah Kanwil Kementerian Agama akan menurunkan lima buah teleskop pada pengamatan ini untuk kepentingan penelitian dan siaran langsung gerhana.