Breaking News

Piala Menpora 2021 Akan Dibuka Presiden Jokowi?

Piala Menpora 2021 Akan Dibuka Presiden Jokowi?Detik.com
Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita saat diwawancarai wartawan di Solo, Jumat (12/3/2021)

SOLO- Stadion Manahan Solo akan jadi tempat pembukaan turnamen Piala Menpora 2021 yang dijadwalkan berlangsung pada 21 Maret. Apakah dihadiri Presiden Joko Widodo?

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai penyelenggara mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai keperluan agar penyelenggaran bisa berlangsung dengan lancar dan sesuai harapan.

Persiapan juga dilakukan untuk menyambut tamu undangan yang akan hadir dalam gelaran tersebut termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Utama (Dirut) PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengatakan, sampai saat ini pihaknya memang belum mendapatkan informasi resmi terkait dengan kehadiran orang nomor satu di Indonesia tersebut di Stadion Manahan.

Meski begitu persiapan secara maksimal tetap dilakukan jika nantinya memang mantan Wali Kota Solo itu akan datang untuk membuka pertandingan.

"Kami belum mendapatkan informasi itu (kehadiran Presiden), tapi yang jelas memang kita persiapkan semaksimal mungkin," ungkapnya saat ditemui detikcom di sela simulasi protokol kesehatan (Prokes) di kompleks Stadion Manahan, Solo, Jumat (12/3/2021).

Dengan berbagai persiapan ini, Akhmad menambahkan, jika nantinya Presiden Jokowi hadir dan membuka turnamen Piala Menpora 2021 maka segalanya sudah siap.

"Kalau memang (Presiden Jokowi hadir) kita sudah siapkan semuanya," tuturnya.

Sementara itu, terkait dengan Prokes yang akan diterapkan selama penyelenggaraan pria yang sekaligus sebagai Ketua Organizing Committee (OC) tersebut mengatakan, semuanya sudah disiapkan.

Setidaknya ada empat zona yang akan diterapkan prokes secara ketat, mulai dari zona 1 yang ada di lapangan, zona 2 di ruang ganti dan lorong ruang ganti.

Kemudian zona tiga di tribun dan di zona empat yang ada di luar stadion.

"Kita lebih konsen di zona 4, zona ini berbeda-beda luasannya setiap stadion. Kalau yang zona 1, 2 dan 3 kan di dalam hampir miriplah," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua OC Sudjarno mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Prokes Piala Menpora 2021.

"Kita sudah siapkan video, SOP-nya secara administrasi itu, bagian dari itu juga kita sudah melihat bagaimana persiapan Prokes yang digelar PSSI saat uji coba Timnas dua pertandingan kemarin. Alhamdulillah itu sempurna," katanya.

Hal itu, kata Sudjarno, bisa menjadi rujukan dalam penerapan prokes saat Piala Menpora 2021.

"Sehingga itu menjadi rujukan kita untuk pelaksanaan di pertandingan Piala Menpora 2021. Ini kita matangkan terus, jika ada celah-celah yang kurang itu kita perbaiki," ungkapnya.

Sumber:Detik.com