Breaking News

Pusat Studi Universitas Pertamina Kembangkan Proyek STEM Bersama Center USK Aceh

Pusat Studi Universitas Pertamina Kembangkan Proyek STEM Bersama Center USK Aceh
Agus Abdullah, Ph.D., saat menyampaikan materi dalam acara seminar Phyton for Geoscientists Course yang dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina, 2019.

ACEHSTANDAR.COM  - Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), belakangan menjadi tren dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Menurut McKinsey & Company, penggunaan AI berpotensi meningkatkan produktivitas global hingga 13 Triliun USD. 

Dari hasil survey IDC's Asia/Pacific Enterprise Cognitive/AI pada tahun 2018, ditemukan setidaknya 24,6 persen organisasi di Indonesia sudah mengadopsi teknologi AI.

Teknologi AI merupakan salah satu dari lima teknologi prioritas guna mendukung agenda nasional “Making Indonesia 4.0”. 

Ketua Pusat Studi GAIA, Agus Abdullah, Ph.D., mengatakan, penerapan teknologi ini diharapkan dapat mengakselerasi efisiensi di berbagai sektor industri, termasuk migas.

"Kami melihat peluang besar dalam pengembangan AI di industri migas," kata  Agus Abdullah dikutip Humas Universitas Pertamina, Pristia T.A. dalam wawancara daring, Selasa (8/6/2021).

Oleh karena itu lanjut Agus, Universitas Pertamina membentuk pusat studi Geosciences Intelligence and Advanced Computing atau GAIA. 

"Pusat studi ini diharapkan dapat memberikan perspektif dan analisa dalam pengambilan keputusan di sektor migas kepada para pemangku kepentingan,” tutur Agus Abdullah.

GAIA terus membangun kerjasama dengan industri migas dan lembaga penelitian.

Setidaknya kata Agus, ada tiga proyek penelitian digarap bersama Innovation and New Venture (INV) PT Pertamina (Persero), dan proyek penelitian lain dengan Pertamina Hulu Sanga-Sanga. 

Kemudian proyek pengembangan bersama Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Center Universitas Syah Kuala Banda Aceh.

Sebagaimana disampaikan Humas Universitas Pertamina, Pristia T.A. via rilis kepada AcehStandar.com, Kamis (10/6/2021) bahwa salah satu proyek kerja sama dengan INV yang mendulang sukses, adalah pembuatan aplikasi untuk penargetan sumur bor. 

Dosen dukung kedekatan UP dengan industri

Aplikasi bernama PERTARAY ini memungkinkan pengguna memperoleh gambaran riil kondisi di bawah permukaan tanah. Sehingga, pengguna dengan mudah mengidentifikasi apa yang terkandung di dalamnya.

“Selain berguna untuk efisiensi waktu, tenaga, dan biaya, aplikasi ini dapat juga digunakan untuk mengidentifikasi lokasi eksplorasi dan produksi yang berada di wilayah terpencil atau dengan kondisi yang unik. Sehingga, hambatan-hambatan eksplorasi migas dapat teratasi,” jelas Agus. 

Kehadiran dosen ahli dan dosen praktisi, mendukung kedekatan UP dengan industri. Pada gilirannya, mahasiswa pun dilibatkan dalam proyek penelitian industri maupun akademik para dosen.

Sementara Wijoyo Wisnu Mukti, mahasiswa program studi Ilmu Komputer Angkatan 2018 misalnya, terlibat dalam pengembangan perangkat lunak pengolahan data seismik berbasis web dan cloud. 

Proyek kolaborasi pusat studi GAIA dengan INV ini, memungkinkan pada pekerja migas untuk tetap produktif melakukan pekerjaan eksplorasi kapan saja dan di mana saja, tanpa dibatasi ruang dan waktu.

“Terlibat secara langsung dalam proyek semacam ini membuat saya dapat mengaplikasikan pembelajaran yang saya dapatkan di kelas," ujarnya.

"Nah, lebih jauh lagi, saya jadi mengetahui kondisi riil di industri energi saat ini. Jadi nantinya, saya lebih siap untuk terjun ke industri,” ungkap Wijoyo.

Bagi siswa siswi SMA yang ingin berkuliah di kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut, saat ini tengah dibuka Seleksi Nilai Rapor dan Ujian Masuk Online untuk Tahun Akademik 2021/2022.

Informasi lengkap pendaftaran untuk kedua jalur masuk dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/pendaftaran 

Bagi pendaftar Seleksi Nilai Rapor tersedia dua jenis beasiswa yakni Beasiswa Ujung Negeri dan Beasiswa Milenial Juara.

Informasi syarat dan ketentuan, serta tata cara dan periode pengajuan beasiswa dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/