Breaking News

Sandiaga Uno: Pariwisata Harus Dipulihkan, BPKS Suarakan Kepada Dunia Sabang Membuka Peluang

Sandiaga Uno: Pariwisata Harus Dipulihkan, BPKS Suarakan Kepada Dunia Sabang Membuka Peluang

“Pariwisata harus kita pulihkan mulai dari tepian paling barat Indonesia, Sabang kita suarakan kepada dunia bahwa kita membuka peluang investasi kerja seluas– luasnya,”ujar Sandiaga Uno.

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkraf) Sandiaga Uno berharap Badan Pengusahan Kawasan Sabang (BPKS) dan Pemko Sabang perbanyak menciptakan event- event yang bertaraf Internasional.

Hal itu sangat memungkinkan dilakukan karena potensi wisata Sabang sangat luar biasa indahnya.

"Jika wisata Sabang ini berkembang tentu nya ekonomi kreatif masyarakat disini akan bangkit dan dapat kita kembangkan," ungkap Sandi. 

Hal ini ditegaskan  Sandiaga dalam jumpa Pers yang di gelar di Tugu KM Nol Sabang, Sabtu (1/5/2021).

Sandiaga pun berkomitmen, bahwa pihaknya dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus melakukan koordinasi dengan BPKS untuk dapat menarik sebanyak mungkin Investor terutama dari sektor pengembangan pariwisata Sabang.

“Kita akan terus mendorong pihak-pihak terkait di daerah seperti BPKS dan Pemko Sabang dan terus melakukan koordinasi untuk menciptakan event– event Nasional maupun Internasional, sehingga nantinya dapat mendongkrak kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Sabang,” tegas Sandiaga.

Kegiatan mantan calon wakil presiden RI saat di Sabang, ia didampingi oleh Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain dan Walikota Sabang Nazaruddin, Deputi Komersil dan Investasi BPKS Erwanto serta Direktur Promosi Maya Safira.

Selain kegiatan di Tugu Kilometer Nol, Sandiaga Uno dan rombongan juga mengunjungi dan melihat langsung sejumlah objek wisata lainya seperti kawasan Marina Lhokweng, Teupin Layeu Iboeh yang menurut Sandiaga sangat mungkin dan berpotensi untuk di kembangkan.

“Jadi tadi kita membahas beberapa spot yang ditunjukkan, mulai dari tugu Kilometer Nol, kawasan wisata Teupin Layeu, dan beberapa spot lainnya untuk marina dan lokasi untuk dibangun reasort juga hotel," ujar Sandiaga.

"Nah, untuk itu saya akan berkoordinasi langsung kepada beberapa Inovestor untuk kelanjutan dari kunjungan ini,” tutur Sandi.

Apalagi kata Sandi, Kota Sabang memiliki alam yang sangat indah, sangat cocok untuk diadakan event Bahari, sport, Turism, dan lain sebagainya dimana factor alamnya sangat mendukung. 

Untuk itu tambahnya, potensi–potensi tersebut nantinya akan dikemas dan akan dilengkapi seperti intensif yang diperlukan dengan menargetkan realisasi investasi sehingga kolaborasi dengan BPKS bisa di wujudkan.

“Pariwisata harus kita pulihkan mulai dari tepian paling barat Indonesia kita suarakan kepada dunia bahwa kita membuka peluang investasi kerja seluas –luasnya,” ujar Sandi.

Kepala BPKS Minta Kemenparekraf Dukung Sabang Secara Intens

Sementara itu di tempat terpisah Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain meminta kepada Kemenparekraf mendukung secara inten pengembangan infrastruktur pariwisata Kawasan Sabang.

Menurut Iskandar, hal itu bisa dilakukan
melalui dukungan investor potensial yang dinilai sesuai bidang Kemenparekraf, dan juga event2 internasional seperti cycling competition.

“Kita berharap dukungan Pemerintah pusat melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif khususnya yang membutuhkan infrastruktur fisik seperti pengembangan resort di Lhok Weng, pengembangan themepark di kawasan taman wisata Iboih dan pengembangan Marina yacht serta pembagunan Resort di Pulau Klah," kata Iskandar.

Menurut Kepala Bagian Humas
Muhammad Rizal.SE, kunjungan kerja  Menparkraf Sandiaga Uno ke Sabang merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan BPKS di Jakarta beberapa waktu lalu, dan adanya surat dukungan serta undangan dari pemerintah Kota Sabang.

"Jadi kunjungan beliau kesini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap pengembangan Pariwisata dan Ekonomi kreatif di Kota Sabang," ungkap M Rizal.