Breaking News

Sat Resnarkoba Polres Sabang Tangkap Oknum Guru Ngaji Pemilik Narkoba Jenis Sabu

Sat Resnarkoba Polres Sabang Tangkap Oknum Guru Ngaji Pemilik Narkoba Jenis Sabu
Tersangka MI bin Abon

ACEHSTANDAR.COM - Satuan Narkoba Polres Sabang berhasil menangkap seorang oknum guru ngaji yang diduga mengedar narkoba jenis sabu, keberhasilan Sat Resnarkoba Polres Sabang menangkap oknum guru ngaji tersebut, setalah adanya informasi masyarakat dan pengeledahan sakunya saat membawa barang haram yang dapat merusak kehidupan manusia itu.

Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, SH melalui Kasat Resnarkoba IPTU Yudi kepada media ini mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap seorang oknum guru ngaji yang melakukan perbuatan tindak pidana narkotika jenis sabu. 

"Benar Sat Resnarkoba Polres Sabang berhasil menangkap seorang pelaku tindak pidana yang diduga pengedar barang haram jenis sabu. Pelaku tidak dapat berkutik, setelah kedapatan dari saku celananya sejumlah narkoba," kata IPTU Yudi, Senin (25/10/2021).

IPTU Yudi menjelaskan, kronologis penangkapan dilakukan pada hari Senin tanggal 11 Oktober 2021, pukul 15.30 WIB lalu di Jurong Putro Haloeh Gampong Aneuk, Laot Kecamatan, Sukakarya Kota Sabang. Kemudian, dari pengakuannya Satnarkoba melanjutkan ke Jurong Cot Klah Gampong Paya Seunara Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang disini juga pihaknya kembali menemukan barang bukti sabu.

Dari penggeledahan badan ditemukan barang bukti berupa satu buah plastik warna putih bening yang dibungkus dengan kertas bekas timah rokok warna silver yang berisikan narkotika jenis sabu di simpan didalam saku kecil celana bagian depan sebelah kanan dengan berat 0,20 Gram.

Barang bukti narkoba jenis sabu yang diamankan Sat Resnarkoba Polres Sabang

"Kemudian ditemukan lagi sebelas buah plastik putih bening yang dibungkus dengan kertas bekas timah rokok warna silver, berisikan narkotika jenis Sabu yang di simpan didalam busa helem seberat 2,05 Gram. Barang bukti lain adalah satu buah helem warna hitam merek Asca, satu) buah Handphone Merek Nokia Tipe RM-1135 dan satu unit sepmor merek Yamaha tipe Mio Soul No Pol BL 3908 MC," jelas Kasat Resnarkoba.

Dari pengembangan penyidikan diketahui bahwa masih ada barang bukti sabu dirumah tersangka, disini saat dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti berupa empat buah kertas plastik warna putih bening yang berisikan narkotika jenis sabu yang di kemas didalam kertas putih bening berles merah dan dibungkus dengan kertas bekas timah rokok warna silver disimpan dalam saku celana bagian samping sebelah kiri, dengan berat keseluruhan 3,78 Gram.

Kasat Resnarkoba mengungkapkan indetitas pelaku adalah MI Alias Abon (37) pekerjaan guru ngaji warga Dusun Cot Cubrek, Desa Blang Raleue, Kecamatan Simpang Kramat, Kab. Aceh Utara, Provinsi Aceh, alamat sekarang Jurong Cot Klah, Gampong Paya Seunara, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. 

Saat dilakukan penangkapan pada hari Senin tanggal 11 Oktober 2021 Pukul 15.00 WIB, awalnya Personil Sat Resnarkoba Polres Sabang menerima laporan dari masyarakat, bahwa di seputaran Jurong Putro Haloeh Gampong Aneuk Laot Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, dicurigai adanya oknum pemuda yang memiliki narkotika jenis Sabu. 

Menindak lanjuti informasi tersebut Personil Sat Resnarkoba Polres Sabang yang dipimpin oleh Kasat Resnarkoba IPTU Yudi, langsung melakukan penyelidikan, dan sekira pukul 15:30 Wib saat Personil Sat Resnarkoba Polres Sabang melihat tersangka MI Alias Abon menggunakan sepeda motor melintas di jalan Perikanan menuju ke jalan Jurong Putro Haloeh Gampong Aneuk Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, dengan gerak gerik yang mencurigakan.

Melihat hal tersebut anggota Sat Resnarkoba langsung mengejar dan menghentikan tersangka saat dilakukan penggeledahan badan ditemukan satu paket kecil sabu yang diselipkan dalam kantung celananya dengan jumlah sebelas paket kecil sabu termasuk yang diselipkan didalam helm milik tersangka.

Sekira pukul 19.30 WIB personil Sat Resnarkoba melanjutkan, pengembangan dan penggeledahan ke rumah tersangka di Jurong Cot Klah Gampong Paya Seunara, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, dari hasil penggeledahan tersebut personil Sat Resnarkoba Polres Sabang, berhasil menemukan empat paket sabu lainnya yang disembunyikan didalam kantung celana tersangka.

Hasil introgasi terhadap tersangka barang haram tersebut diakui diperoleh dari Hendra yang kini telah ditetapkan dalam Daftar Pengcarian Orang (DPO). Kemudian, barang bukti tersebut diatas dibawa ke Mapolres Sabang guna dilakukan penyidikan lebih lanjut. Tindakan lanjutan adalah melakukan pemeriksaan (BAP) terhadap tersangka dan saksi secara intensif. Kini tersangka dan barang bukti diamankan di Mapolres Sabang guna dilakukan proses hukum lebih lanjut.