Breaking News

Selamat! Wisuda Angkatan I Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya Samalanga

Selamat! Wisuda Angkatan I Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya Samalanga

ACEHSTANDAR.COM - Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh menyelenggarakan Wisuda Perdana Angkatan I Dayah Manyang tersebut yang digelar di komplek pesantren Al-Aziziyah Samalanga dan diikuti 50 Mahasantri, Selasa 9 November 2021.

Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Maiyusri MA menghadiri pelaksanaan wisuda perdana ini.

Turut hadir pimpinan pesantren Abu Syech Hasanul Bashry HG, Aba H Sayed Mahyeddin TMS (Direktur Marhalah Tsani Mudi) dan Mudir Ma'had Aly Abi H Zahrul Mubarrak HB MPd. 

Sambutan secara daring disampaikan oleh Menag RI H Yaqut Cholil Qoumas, Prof Hasballah Thaib, Dr H Ahmad Zayadi MPd, Ust Abdul Somad, dan Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg.

Usai wisuda Maiyusri mengapresiasi terselenggaranya wisuda perdana Ma’had Aly tersebut. 

“Ini merupakan kado terindah, dan menjadi semangat baru pada bulan Rabiul Awal ini, dimana ma’had aly Samalanga menghasilkan lulusan mahasantri sebanyak 50 orang. Kita berharap lulusan punya strategi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan Marhalah Tsaniyah,” kata Maiyusri.

Ia juga berharap, lulusan Ma’had Aly mengambil peran dalam masyarakat dan dapat mandiri.

“Alumni Ma’had Aly sudah pasti mumpuni di bidang agama, dan professional, karenanya kehadiran kita dibutuhkan oleh masyarakat, menjadi penerang dan pencerah bagi umat,” katanya.

Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg dalam sambutannya secara virtual dari Jakarta mengucapkan selamat dan sukses atas wisuda angkatan pertama Ma'had Aly di kota santri tersebut. 

Ia mengatakan Ma'had Aly merupakan sumber tempat mencetak kader-kader bangsa yang profesional, intelektual dan agamis.

“Selamat bagi mahasantri yang di wisuda hari ini, kita sangat bersyukur bahwa perjuangan para santri telah membuahkan hasil, semoga berkah ilmunya, bermanfaat dan memberikan kontribusi bagi masyarakat, nusa dan bangsa," ucap Iqbal. 

Sementara itu, Mudir Ma'had Aly Abi H Zahrul Mubarrak mengatakan Mereka yang diwisuda pada angkatan pertama ini adalah lulusan Program Studi Fiqh Wa Ushuluh (Aktualisasi Studi Naskah Fiqh dan Ushul Fiqh).

Sebagai informasi, Ma'had Aly Ma'hadal Ulum Diniyyah Islamiyah (MUDI) Masjid Raya Samalanga, Kabupaten Bireuen meraih akreditasi A (Mumtaz) sebagai Ma’had Aly dari Kementerian Agama RI tahun 2020. Dari 52 Ma’had Aly Se-Indonesia, Hanya tujuh Ma’had Aly yang meraih akreditasi A, Ma'had Aly MUDI Mesra merupakan satu-satunya yang memperoleh akreditasi A di luar pulau Jawa, yang enam lainnya dari pulau Jawa.

Pesantren Al-Aziziyah Samalanga juga telah memiliki program Marhalah Tsaniyah (M2) atau jenjang pendidikan setingkat pasca sarjana yang diresmikan oleh Direktur PD Pontren Ditjen Pendis Kemenag RI, Dr H Waryono Abdul Ghafur pada April 2021 lalu.

Marhalah Tsaniyah Mudi Mesjid Raya dengan program studi takhassus Fiqh Wa Ushuluh perdana di Indonesia di luar Pulau Jawa, dan satu-satunya di Sumatera.[]