Breaking News

Sempat Terjadi Penolakan, Akhirnya Jenazah Covid-19 Dikebumikan di TPU Bay Pass Gampong Cot Bak'U Kota Sabang

Sempat Terjadi Penolakan, Akhirnya Jenazah Covid-19 Dikebumikan di TPU Bay Pass Gampong Cot Bak'U Kota Sabang
Masyarakat Jurong Lhok Panglima menghadang mobil Ambulance membawa jenazah Covid-19 untuk dimakamkan di TPU mereka.

ACEHSTANDAR.COM - Jenazah Covid-19 Bukhari (36), warga Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, yang sempat ditolak masyarakat setempat, akhirnya dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jurong Bay Pass, Gampong Cot Ba'U, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang.

Almarhum Bhukari yang berprofesi sebagai ASN selama ini berdomisili di Jurong Perdagangan, Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, dan sebelum meninggal dunia almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sabang.

Dalam penanganan pihak medis diketahui almarhum negatif Covid-19 akan tetapi kondisi selama dalam perawatan kondisinya kian memburuk, sehingga pihak RSUD Kota Sabang merujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Kota Banda Aceh.

Saat tiba di RSUZA Kota Banda Aceh pada hari Senin 19 Juli 2021 diagnosa dan dinyatakan bahwa almarhum positif Covid-19, kemudian dalam perawatan dari Senin hingga Rabu tanggal 21 Juli 2021 sekira pukul 05.55 WIB pasien dinyatakan meninggal dunia.

Keluarga almarhum sepakat dan meminta kepada pihak RSUZA untuk membawa pulang jenazah ke Kota Sabang. Kemudian penanganan pemakaman, dianjurkan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) dengan disertai Surat Persetujuan dari RSUZA Kota Banda Aceh.

Jenazah dibawa dengan Ambulance dan seberangi menggunakan kapal KMP. BRR dan tiba di Sabang pada pukul 12.50 WIB selanjutnya dibawa ke Mesjid Babul Iman, Gampong Kuta Barat Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, untuk disholatkan.

Usai disholatkan kemudian petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang dengan menggunakan baju Alat Pelindung Diri (APD) membawa jenazah dengan menggunakan mobil Ambulance menuju TPU Jurong Lhok Panglima, Gampong Kuta Barat.

Akan tetapi saat dalam perjalanan masyarakat menghadang dan menolak dilakukan pemakaman di  TPU desa mereka untuk jenazah Covid-19. Sempat terjadi perdebatan antara petugas BPBD dengan pihak warga masyarakat Jurong Lhok Panglima.

Akhirnya petugas membawa jenazah ke TPU Jurong Bay Pass, Gampong Cot Ba'U, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Tepat pada pukul 18.15 WIB proses pemakaman secara  Prokes selesai dilaksanakan oleh petugas dan dibantu masyarakat setempat.

Redaksi

AS
Ampon Bram