Breaking News

Setelah Ulama Karismatik, Kini Ormas Islam Laksanakan Ikrar Wakaf

Setelah Ulama Karismatik, Kini Ormas Islam Laksanakan Ikrar Wakaf

ACEHSTANDAR.COM - Setelah sebelumnya Ulama Karismatik Aceh Timur Abu Wahab melakukan ikrar wakaf di KUA Darul Ihsan, kini Ormas Islam Aljamiatul Al- Washliyah Aceh Timur  melaksanakan Ikrar Wakaf. 

Shulfan, selaku Ketua Al Washliyah Aceh Timur beserta beberapa pengurus menyambangi Kantor Urusan Agama Kecamatan Idi Timur yang diterima langsung oleh Kepala KUA Idi Timur.

Tujuan hadirnya ormas keagamaan tersebut untuk mengikrar wakafkan sebidang tanah kebun seluas 2.775 M milik Al Washliyah yang terletak di Gampong Tualang Dalam Kecamatan setempat, Jumat (05/11/2021).

Usai pengikraran wakaf, Shulfan menyampaikan ini merupakan kewajiban setiap kaum muslim untuk menyelamatkan harta agama tidak terkecuali, pihaknya juga sebagai pengurus Al Washliyah Aceh Timur, dengan tujuan agar dapat digunakan untuk kepentingan umat di bawah pengelolaan nazir yang ditunjuk.

Adapun ketua nazir yang ditunjuk Tgk Safwan Aba Aminy, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan akan mengelola tanah wakaf sebagaimana kepentingan umat dan kearifan lokal gampong tersebut seraya juga mengharapkan masukan- masukan dari semua kalangan untuk menjadikan wakaf produktif ke depannya.

Sementara itu, Kepala KUA Idi Timur Muhammad Nur, mengatakan dirinya sangat berterimakasih kepada Pengurus Alwashliyah Aceh Timur atas Ikrar wakaf hari ini.

"Mudah- mudahan  ini menjadi contoh bagi pewakaf lainnya baik persorangan maupun dari lembaga agar segera mengajukan Akta Ikrar Wakaf (AIW) khususnya dikecamatan Idi Timur kepada kita untuk segera kita ajukan pengukuran dan pesertifikatan sehingga keberadaan aset wakaf terjaga," ujar M Nur.

Dalam kesempatan terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur melalui Penyelenggara Zakat dan wakaf H Mulkan Sidamanik berharap dengan dua momen di atas semakin meningkatkan motivasi para wakif dan nazir agar segera mengurus akta ikrar wakaf pada KUA Kecamatan masing- masing. 

Mulkan juga berharap supaya setelah mengurus AIW dilanjutkan hingga proses usulan sertifikasi tanah wakaf. 

Turut hadir dalam acara pengikraran wakaf Tgk Dahlas Selaku Sekjen dan Tgk Nurli selaku sekretaris dan bendahara Al Wasliyah Aceh Timur serta selaku saksi acara tersebut.