Breaking News

Tantangan Tenaga Pendidik Sangat Berat Di Masa Pandemi Covid-19

Tantangan Tenaga Pendidik Sangat Berat Di Masa Pandemi Covid-19
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggara, Bakri Saputra SPd MPd

ACEHSTANDAR.COM -  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggara memperingati Hari Guru Nasional (HGN), yang ke- 27, sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76. 

Peringatan HUT dua momentum tersebut dibalut dengan tema "Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan". 

"Tema tersebut memang sangat sederhana, akan tetapi penuh makna,"ujar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tenggara, Bakri Saputra SPd MPd, saat diwawancarai AcehStandar.com di ruang kerjanya, usai pelaksanaan upacara, Kamis 25 November 2021.

Dalam kondisi masa pandemi akibat wabah virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia secara umum. Sehingga proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes). 

"Hal ini untuk menghindari penyebaran virus Corona. Karena sebelumnya proses belajar mengajar siswa dan guru daerah kita, sebelum nya melalui daring. Dan Alhamdulillah saat ini sudah tatap muka,"ujarnya

Sehingga perjuangan para guru sebagai tenaga pendidik menghadapi tantangan yang berat, dengan adanya pandemi covid-19 yang masih belum berakhir. Sejak awal pandemi, terjadi perubahan besar dalam dunia pendidikan, terutama pada pelaksanaan proses belajar mengajar. 

Pandemi yang membatasi pergerakan manusia dan mengurangi, bahkan meniadakan aktivitas pertemuan dengan jumlah orang yang banyak, menyebabkan kegiatan belajar mengajar di sekolah tak dapat lagi dilaksanakan. 

"Nah, dengan tema HUT PGRI dan HGN ini, bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan, mudah mudahan kedepannya daerah kita dan khususnya dunia pendidikan di  bumi Sepakat Segenap ini bisa pulih dan normal seperti sebelumnya,"harap Bakri.

Untuk itu, dia meminta kepada semua elemen baik guru maupun siswa harus mendukung dan mematuhi peraturan pemerintah terkait bahaya virus Corona dan setiap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan protokol kesehatan.
 
"Supaya penularan virus Corona atau Covid-19 bisa terhambat. Sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Guru,  terima kasih atas segala pengabdian mu. Karena guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa,"tutur Bakri Saputra mengakhiri. (*)