Breaking News

Uji Kemampuan Ketrampilan, Prajurit Lanal Sabang Menerima Kedatangan Tim Kolat Koarmada I

Uji Kemampuan Ketrampilan, Prajurit Lanal Sabang Menerima Kedatangan Tim Kolat Koarmada I
Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T, M.M bersama Letkol Marinir Helmi Ardiansyah, S.TP, M.T

ACEHSTANDAR.COM - Pangkalan Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL)  Lanal Sabang melaksanakan acara pembukaan Penilaian Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P-2 oleh Tim Kolat Koarmada I di Ruang Rapat Mako Lanal Sabang, pada hari Kamis, (10/06/2021).

Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M, dalam acara Pembukaan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P-2 menyampaikan, kegiatan tersebut sangat penting bagi setiap prajurit yang bertugas di Lanal Sabang.

"Hal itu dapat dijadikan sebagai tolak ukur uji kesiapan dan kemampuan latihan  pembinaan yang dilaksanakan  oleh pangkalan TNI AL  Sabang selama ini, diharapkan agar seluruh prajurit Lanal Sabang mampu memahami tugas dan tanggung jawab serta perannya masing-masing,"kata Danlanal Sabang.

Kolonel Laut Ardhi Sunaryo menjelaskan, Tim Kolat Koarmada I yang dipimpin Danpuslat Pasrat Letkol Mar Helmi Ardiansyah,  S.T., M.T.  selaku Katim dan Mayor Laut (P) Jaswadi (Kadep EMB & DEB Puslat Pasrat) serta 4 orang anggota akan melaksanakan penilaian Uji Terampil Glagaspur Pangkalan tingkat 1/P-1 dan tingkat 2/P-2 di Mako Lanal Sabang.

Sementara Komandan Kolat Koarmada I yang dibacakan oleh  Letkol Marinir Helmi Ardiansyah, S.TP, M.T. (Katim), dalam sambutannya menyampaikan tugas pokok Pangkalan TNI Angkatan Laut adalah menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur satuan dan Kotama TNI AL.

Kemudian, melaksanakan Pembinaan Potensi Maritim menjadi kekuatan Pertahanan Keamanan Negara di laut dan tugas-tugas lainnya, untuk mengukur dan menilai tingkat kesiapan pangkalan dalam mencapai tugas yang diembannya diperlukan evaluasi secara bertingkat dan berlanjut.

Penyelenggaraan Uji Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P-2 merupakan salah satu fungsi Komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Pangkalan TNI AL. Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dititikberatkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan masing-masing bagian.

Sedangkan Uji Terampil Glagaspur Ttingkat 2/P-2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan bersama-sama baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

Melalui upaya pengukuran tingkat kesiapsiagaan sesuai standarisasi yang ditetapkan, selanjutnya dievaluasi agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan seluruh personel dalam mengawaki kesiapan pangkalan sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan.

"Dalam Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P-2, Kolat Koarmada I melaksanakan penilaian meliputi P5T, Latihan Komunikasi, Latihan Kecakapan Pelaut, Latihan Menembak Dasar Perorangan Dan Teknik Senjata serta Latihan Jurit Tangkas Renang Militer," katanya.

"Selanjutnya, pada kegiatan hari kedua Personil Lanal Sabang, melaksanakan rangkaian lanjutan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P-2, meliputi ujian Tertulis, Latihan Penanggulangan Anti Huru Hara, Pertahanan Pangkalan, Peran Kebakaran. Karena, Peran Penanganan Medis Korban Luka Bakar serta Patah Tulang oleh Tim Medis Rumkital J.Lilipory Sabang,"tutupnya.

JALAL