Breaking News

Ulama Aceh Gelar Silaturrahmi Akbar Bahas Tatanan Perpolitikan Aceh, Dimulai Ini

Ulama Aceh Gelar Silaturrahmi Akbar Bahas Tatanan Perpolitikan Aceh, Dimulai Ini
Silaturrahmi akbar ulama Aceh [Foto: Screenshot]

ACEHSTANDAR.COM - Ratusan ulama dari berbagai daerah di  Aceh menghadiri gelaran acara silaturrahmi akbar yang digelar di Gedung Hj Yusriah, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Rabu (10/11/2021) malam.

Acara turut dihadiri oleh Pangdam IM Mayjen TNI Achmad Marzuki dan didampingi oleh Irdam IM Brigjen TNI Niko Fahrizal MTr (Han) ini. Acara  diawali dengan samadiah dan do’a bersama.

Kegiatan silaturrahmi yang diikuti oleh ratusan ulama Aceh ini dilaksanakan berawal dari munculnya keluhan masyarakat terkait degradasi paradigma politik yang saat ini terjadi di Aceh. 

Acara ini mengangkat tema “Peran Ulama Dalam Perbaikan Politik Aceh”.

Kegiatan yang digelar selama dua hari 10-11 November 2021 ini terselenggara atas inisiatif dari kalangan ulama sendiri dan tidak ada kaitan dengan partai politik manapun.

Salah satu inisiator acara Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab atau biasa disapa Tu Sop Jeunib mengatakan, agenda kegiatan silaturrahmi akbar ulama se-Aceh adalah untuk memperbaiki perilaku umat dalam segala aspek kehidupan.

Menurut Tu Sop, para ulama ingin memperbaiki paradigma politik yang sudah jauh melenceng dari tatanan masyarakat Aceh agar dapat lebih islami, berakhlak dan beretika. 

Lalu lanjutnya, dalam kegiatan ini ulama ingin merumuskan bagaimana membangun peradaban politik untuk kesejahteraan umat di Aceh.

Pada kesempatan ini Tu Sop kembali membantah dan menegaskan bahwa acara silaturrahmi akbar ulama se-Aceh tidak ada kaitannya dengan pendirian partai politik baru dari kalangan ulama Aceh.

“Kita tidak membahas itu, kita tidak ada agenda mendirikan parpol, itu diluar agenda kita,” tegas Tu Sop kepada para wartawan, Rabu, 10 November 2021, malam.

Kemudian Tu Sop menyampaikan harapannya. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini agar kedepan dapat menciptakan perbaikan dalam dunia per-politik-an di Aceh.

“Ajang silaturrahmi para ulama ini adalah pesan kepada setiap semua muslim di Aceh wajib mengedepankan etika bagi semua aspek kehidupan sosial dan kiranya dapat bermanfaat terhadap sesama,” tutur Tu Sop.

Amatan AcehStandar.com acara tersebut turut dihadiri oleh ulama besar dari berbagai daerah di Aceh seperti, Tgk Hasanoel Bashry (Abu Mudi), Abuya Mawardi Wali, Tgk. Nuruzzahri (Waled Nu), Abu H Faisal Ali Sibreh (Lem Faisal).

Selanjutnya ada Abu H Usman Ali (Abu Kuta Krueng), Tgk H Ishak Ahmad (Abu Lamkawe), Tgk H Muhammad Amin Daud (Ayah Cot Trueng), Abi Daud Hasbi, dan Abu H Athaillah lshak Al-Amiry (Abu Ulee Titi), serta Waled Husaini A Wahab (Wakil Bupati Aceh Besar).

Lalu acara yang dikemas dengan protokol kesehatan covid-19 ini juga nampak juga dihadiri Waled Rasyidin, Tu Buqaini Tanjungan, Abi Hasbi Albayuni, dan sejumlah ulama Aceh lainnya.

Nantinya hasil rangkuman pendapat para ulama dari kegiatan silaturrahmi akbar ini akan di sampaikan ke forum atau ke publik Aceh untuk ditindaklanjuti.