Breaking News

Wali Kota Tinjau Pelaksanakan ANBK di SMPN 2

Wali Kota Tinjau Pelaksanakan ANBK di SMPN 2
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang sekolah menengah pertama di SMPN 2, Gampong Bandar Baru, Kecamatan Kuta Alam, Senin 4 Oktober 2021.

• Harapkan Mutu Pendidikan Banda Aceh Semakin Baik

ACEHSTANDAR.COM - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang sekolah menengah pertama di SMPN 2, Gampong Bandar Baru, Kecamatan Kuta Alam, Senin 4 Oktober 2021.

Didampingi Kadisdikbud Sulaiman Bakri, Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Salman Ishak, dan Kepala SMPN 2 Arlis, Aminullah menyemangati para siswa yang tengah mengikuti program penilaian mutu sekolah pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut.

Menurut wali kota, ANBK yang digelar serentak secara nasional 4-5 Oktober 2021 itu, bertujuan untuk melihat sejauh mana kualitas pendidikan di sekolah. "Nanti akan dibuat rating-nya, sehingga kita akan tahu tingkat kemajuan dunia pendidikan kita," ujarnya.

Ia pun berharap para siswa bisa menjawab soal-soal ANBK dengan baik, sehingga mutu pendidikan Banda Aceh juga akan semakin baik. "Tetap semangat dan serius ya ananda semua, walaupun ini bukan menjadi acuan utama kelulusan sebagaimana UNBK dulu," ujarnya lagi.

Hasil peninjauannya di SMPN 2 Banda Aceh, secara umum Aminullah mengatakan pelaksanaan ANBK berjalan lancar. "Alhamdulillah, anak-anak kita sangat siap dan serius mengikuti ANBK yang konektivitasnya ini secara full dan dipantau langsung oleh pusat. Ini berkat persiapan yang matang dan komitmen dari segenap warga sekolah, serta unsur dinas pendidikan."

Sebagai informasi, ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah. ANBK resmi menjadi pengganti UNBK dan resmi diluncurkan pada 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim.